Butylene Glycol pada Produk Skin Care, Apakah Aman?

06 Mar 2020
Butylene Glycol pada Produk Skin Care, Apakah Aman?

Bagi Anda khususnya kaum hawa, tentu sudah cukup akrab dengan berbagai produk skin care. Salah satu pertimbangan dalam membeli produk skin care tentu kandungan yang terdapat di dalamnya. Salah satu bahan atau kandungan skin care yang tengah populer saat ini adalah butylene glycol.

Kandungan ini biasanya dapat ditemukan pada produk-produk seperti serum wajah, lotion, tabir surya bahkan pada shampo hingga kondisioner.

Apa itu butylene glycol serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih jelasnya, kita akan kupas tuntas pengertian juga manfaatnya.

Apa itu Butylene Glycol?

Butylene glycol adalah suatu senyawa kompleks yang berasal dari minyak bumi dan mudah larut dalam air.

Zat ini menjadi alternatif pengganti untuk propylene glycol yang dinilai sebagai pemicu alergi.

Kandungannya diklaim efektif dalam melembabkan kulit juga rambut. Bahkan butylene glycol juga dapat menjadi pelarut yang mencegah bahan lain dalam suatu produk jadi menggumpal.

Manfaat Butylene Glycol

Butylene glycol memiliki cukup banyak manfaat. Oleh sebab itulah bahan ini menjadi salah satu formula unggulan dalam berbagai produk kecantikan.

Adapun manfaat butylene glycol diantaranya adalah:

1. Melembabkan Kulit

Zat ini bersifat humektan. Artinya yaitu mampu menarik kelembaban udara kemudian mengikatnya pada permukaan kulit Anda saat mengaplikasikan skin care.

Dengan sifat atau karakteristiknya tersebut, kandungan ini memastikan lapisan terluar kulit Anda akan senantiasa lembab.

2. Meningkatkan Efektifitas Fungsi Skin Care

Kandungan butylene glycol yang juga mampu berperan sebagai pelarut, ternyata juga berguna dalam meningkatkan efektifitas dari skin care yang Anda gunakan.

Maksudnya, zat ini membantu penyerapan nutrisi yang terkandung dalam produk skin care oleh kulit Anda.

Dengan begitu fungsi atau manfaat dari skin care akan dapat bekerja lebih cepat dan juga efektif pada kulit Anda.

3. Melindungi Kulit dari Dehidrasi

Dengan sifat humektan dari butylene glycol, kandungan tersebut akan membentuk semacam lapisan pelindung tipis di bagian kulit terluar Anda.

Dengan adanya lapisan tersebut, lapisan epidermis Anda akan terjaga kelembabannya dan terhindar dari dehidrasi. 

Kulit akan tampak lebih halus, kenyal juga sehat, sehingga lebih enak dipandang.

Bagaimana dengan Efek Samping?

Memiliki banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas, bukan berarti butylene glycol tidak menimbulkan efek samping.

Meskipun sudah diklaim sebagai bahan aktif dengan tingkat iritasi rendah, bukan tidak mungkin orang dengan kulit sensitif akan alergi atau iritasi saat menggunakannya.

Jadi jika Anda termasuk orang dengan kulit sensitif, akan lebih baik untuk melakukan test patch terlebih dahulu sebelum menggunakan skin care mengandung butylene glycol.

Terlebih jika Anda dalam kondisi hamil. Sebab belum ada studi lebih lanjut yang bisa membuktikan bahwa penggunaan butylene glycol pada ibu hamil benar-benar aman.

Efek samping lain yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan terjadinya penyumbatan pori-pori serta jerawat yang kian parah.

Butylene glycol memang dinilai ampuh dalam melembabkan kulit kering juga berjerawat. 

Namun pada beberapa kondisi tertentu, justru dapat menimbulkan penyumbatan pori-pori dan memicu timbulnya jerawat baru.

Sementara untuk kulit wajah berjerawat, juga rentan mengalami iritasi ketika mengaplikasikan skin care yang mengandung zat ini.

Jadi agar lebih aman dan tepat dalam pengaplikasiannya, konsultasikan terlebih dahulu kondisi kulit Anda pada dokter spesialis kulit. 

Sehingga dapat meminimalisir adanya efek samping negatif usai menggunakan produk skin care dengan kandungan tertentu di dalamnya.

PT. Indochemical Citra Kimia adalah distributor solvent yang menjual berbagai jenis produk atau bahan kimia termasuk butylene glycol.

Kami telah berpengalaman melayani berbagai jenis industri dengan produk yang berkualitas dan pengantaran tepat waktu.

Temukan berbagai produk kimia yang kami tawarkan, atau hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.