Kegunaan Propylene Glycol dalam Kehidupan Sehari-hari

06 Mar 2020
Kegunaan Propylene Glycol dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa itu propylene glycol? Apa saja manfaat dan kegunaan propylene glycol dalam kehidupan sehari-hari? Temukan jawabannya disini!

Tahukan Anda bahwa ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam penggunaan propylene glycol untuk kehidupan sehari-hari.

Namun sayangnya tidak semua orang memahami kegunaan dari senyawa tersebut dengan baik. Sebelum membahas tentang kegunaannya, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang propylene glycol.

Apa itu Propylene Glycol

Propylene Glycol atau biasa disebut dengan PG adalah salah satu produk turunan petroleum yang tidak berbau dan tidak berwarna. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, senyawa ini dianggap aman dikonsumsi.

Selain itu, pihak FDA mengklasifikasikannya sebagai status generally recognized as safe yang dapat dimanfaatkan untuk bahan tambahan makanan. Sementara itu di tahun 1947, telah dilakukan penelitian jangka panjang bahwa dengan menghirupnya tidak akan berdampak apapun pada tubuh manusia.

Kegunaan Propylene Glycol

Pada dasarnya propylene glycol itu jauh lebih efektif dalam mengikat rasa dibandingkan menggunakan senyawa seperti vegetable glycerin.

Itu artinya propylene glycol merupakan basis cairan paling sering dipakai untuk mengikat konsentrat rasa serta mengikat nikotin.

Berikut kegunaan propylene glycol dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Bisa digunakan untuk produk kesehatan

Senyawa ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam produk kesehatan baik secara oral, disuntik, atau menjadi formulasi topikal.

Selain itu, juga bisa digunakan untuk inhaler asma dan beberapa produk kesehatan seperti tisu bayi, sampo, rias wajah, dll.

2. Dimanfaatkan sebagai pendukung makanan hewan

Karena kandungannya tersebut, maka senyawa ini bisa dimanfaatkan untuk makanan binatang.

3. Untuk bahan baku sintesis kimia

Senyawa ini bisa dimanfaatkan untuk bahan baku sintesis kimia amonia, pelarut, pupuk, plastik, dan hydrogen peroksida. Sehingga dapat digunakan untuk pemurnian minyak bumi dengan cara menghilangkan belerang organik yang berasal dari minyak mentah.

4. Sebagai pendukung teknologi pangan

Kandungan senyawa ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan margarin dan sejenisnya. Karena kandungan asam lemak tak jenuhnya telah dihidrogenasi dan membentuk benda padat.

5. Berperan di bidang elektronik

Saat dicampur dengan gas inert bisa menghasilkan atmosfer pereduksi. Sementara itu, di bidang elektronik, senyawa ini dimanfaatkan untuk pembuatan lapisan semikonduktor pada sirkuit.

6. Sebagai pendukung teknologi masa depan

Senyawa ini bisa membantu perkembangan energi transportasi dan tenaga listrik lewat teknologi bahan bakar dan udara demi mendukung kehidupan manusia.

7. Kegunaan dalam Industri

Propylene glycol digunakan dalam kegiatan industri sebagai media perpindahan panas yang melindungi terhadap ledakan tekanan dan korosi serta dapat melarutkan zat aktif.

Selain itu, senyawa ini juga digunakan sebagai penghilang es di pesawat, sebagai bahan deterjen cair, dan pelarut dalam tinta cetak.

Amankah Menggunakan Propylene Glycol?

Propylene glycol merupakan salah satu bahan yang dimanfaatkan untuk pengental pada kosmetik. Biasanya bahan ini dimanfaatkan untuk produk kecantikan seperti pelembab wajah, pembersih muka, dan berbagai produk kecantikan yang sifatnya cair.

Biasanya bahan ini dimanfaatkan untuk pengenal pada produk kecantikan jadi manfaatnya aman dipakai jangka panjang. Kandungannya tersebut bisa membantu penggunanya mengangkat kotoran yang terdapat di wajah, sekaligus melembabkan kulit wajah.

Jadi bila ditanya soal keamanannya sudah pasti sangat aman dipakai dalam jangka panjang. Maka dari itu tidak heran bila banyak orang yang menggunakannya saat ini.

PT. Indochemical Citra Kimia adalah distributor bahan kimia yang menjual propylene glycol untuk penggunaan dalam industri. Kami menyediakan produk yang beragam untuk digunakan dalam industri cat dan pelapis, resin dan emulsi, perekat, tinta cetak dan kemasan, formulasi agrokimia dan industri elektronik.

Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.