Tips Memilih Supplier Bahan Kimia Terpercaya

06 Mar 2020
 Tips Memilih Supplier Bahan Kimia Terpercaya

Apakah Anda termasuk salah satu pemilik bisnis bahan-bahan kimia? Maka Anda perlu tahu apa saja tips memilih supplier bahan kimia yang terpercaya, terlepas dari jenis bisnis bahan kimia apa yang Anda jalankan. 

Kerap kali proses produksi jadi terhambat karena ada beberapa jenis bahan kimia tertentu yang tidak bisa Anda produksi sendiri. Untuk itulah Anda perlu mencari supplier atau distributor bahan kimia yang terpercaya.

Namun ingat, jangan sembarangan memilih supplier. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan karena kelangsungan bisnis Anda juga dipengaruhi oleh kerjasama dengan supplier.

Tips Memilih Supplier Bahan Kimia Terpercaya

Bagaimana tips memilih supplier bahan kimia yang terpercaya? Langsung saja simak dalam artikel di bawah ini!

1. Perhatikan Kualitas

Dalam hal memilih dan menentukan supplier bahan baku zat kimia ataupun bahan kimia jadi, Anda harus senantiasa memperhatikan kualitas. 

Jika kualitas bahan kurang baik, maka dapat dipastikan bahwa produk bahan kimia yang Anda jual nanti juga kurang baik. Begitu pun sebaliknya.

Tipsnya adalah jangan sampai tergiur oleh harga murah yang ditawarkan oleh supplier. Sebaiknya, Anda lakukan riset harga yang wajar di pasaran terlebih dahulu.

2. Perhatikan Track Record Supplier

Jangan sampai Anda terburu-buru dalam memilih supplier bahan kimia yang terbaik untuk bisnis Anda. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai track record dari supplier. 

Anda bisa memperoleh informasi dari website supplier, forum jual beli, marketplace, komunitas supplier, dan sebagainya. Jika kredibilitas supplier tersebut bagus, maka dapat dipastikan bahwa feedback dari pembeli sebelumnya juga baik.

Namun, apabila Anda mencari tahu dari website atau marketplace, maka pastikan bahwa di dalamnya terdapat nomor kontak yang bisa dihubungi. Dengan begitu, Anda bisa melakukan order setiap saat dengan mudah.

3. Perhitungkan Kapabilitas Supplier

Penting bagi Anda untuk memperhitungkan kembali kapabilitas supplier, apakah nanti mampu memenuhi pesanan. Hal ini dikarenakan ada sejumlah kasus di mana supplier mengaku mampu menyelesaikan pesanan, namun tidak sanggup menyelesaikannya hingga tuntas.

Anda perlu tahu bahwa kapabilitas supplier berbeda dalam hal produksi atau distribusi. Pilihlah supplier bahan kimia yang sanggup menyelesaikan orderan secara tepat waktu dan bertanggung jawab.

4. Perhatikan Konsistensi Supplier

Ketersediaan stok barang dalam bisnis bahan kimia Anda juga dipengaruhi oleh konsistensi supplier Anda. 

Supplier yang mempunyai konsistensi dalam menyediakan dan memberikan supply pada bisnis bahan kimia Anda, merupakan supplier yang patut dipertimbangkan.

Jangan sampai supplier yang Anda pilih berhenti di tengah jalan atau tidak mampu mengirimkan bahan baku yang Anda perlukan. Karena jika terjadi hal yang demikian, kredibilitas Anda pun juga dipertaruhkan.

Sebaiknya, pilihlah supplier yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempat usaha Anda. Perhatikan juga apakah pihak supplier memiliki sarana prasarana yang memadai, seperti kendaraan untuk pengiriman dan lain-lain.

Jumlah tenaga kerja juga bisa jadi faktor yang mempengaruhi konsistensi supplier.

5. Minta Produk Sampel

Untuk lebih meyakinkan Anda terhadap kualitas produk bahan kimia yang dimiliki supplier, Anda bisa memilih supplier yang bisa dimintai produk sampel dari masing-masing kategori bahan baku maupun barang jadi. 

Dengan begitu Anda bisa meminimalisir rasa ragu untuk mengambil keputusan terkait pemilihan supplier.

6. Pilih Supplier Bahan Kimia yang Cepat Tanggap

Setelah mengetahui informasi terkait kredibilitas dan kualitas supplier, jangan lupa untuk memilih supplier yang cepat dan tanggap dalam hal pelayanan. Supplier yang bagus akan lebih responsif saat Anda hubungi dan mampu menangani berbagai keluhan.

PT. Indochemical Citra Kimia adalah supplier bahan kimia atau solvent chemical Indonesia yang menawarkan berbagai jenis bahan kimia.

Kami telah melayani berbagai industri selama puluhan tahun kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada klien kami dengan menjamin jaringan distribusi yang cepat dan aman. 

Jika Anda membutuhkan produk solvent, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih supplier bahan kimia yang perlu Anda praktekkan. Semoga tips-tips di atas bisa jadi referensi dalam menentukan supplier yang tepat dan terpercaya.