Temukan Alkohol Aman Terbaik di Supplier Kimia Unggulan

Temukan Alkohol Aman Terbaik di Supplier Kimia Unggulan

Siapa yang tak mengenal alkohol? Bahan kimia ini punya banyak jenis dan manfaat, membuatnya sering digunakan dalam produk rumah tangga. Dengan takaran yang tepat, alkohol punya banyak manfaat untuk kebutuhan manusia. Tentunya untuk mendapatkan alkohol terbaik, Anda harus membelinya pula di supplier kimia unggulan. 

Dalam penerapannya, alkohol tak hanya digunakan untuk antiseptik, tapi juga produk medis, parfum, beberapa jenis kosmetik, dan lainnya. Anda bisa mengenal alkohol lebih dekat dengan membaca penjelasannya berikut ini. 

Jenis Jenis Alkohol yang Ada di Supplier Kimia 

Photo equipment and science experiments oil pouring scientist with test tube yellow making research in laboratory.

Sumber gambar: Freepik

Pada umumnya, tiap supplier bahan kimia memiliki kualifikasi dan standarnya sendiri untuk jenis produk kimia alkohol yang ditawarkan pada konsumen. Setidaknya lima jenis alkohol ini menjadi jenis yang paling umum dan aman untuk diperjual belikan, diantaranya adalah:

Isopropyl Alcohol 

Lebih dikenal dengan nama IPA, Isopropyl alcohol merupakan jenis alkohol yang mudah terbakar dan memiliki aroma khas. Jenis alkohol ini umumnya digunakan untuk bahan dasar disinfektan, antiseptik, hingga deterjen yang larut dalam air. Kandungan yang ada di dalam alkohol ini juga bisa melarutkan resin secara alami. 

Ciri khas lain yang dimiliki oleh IPA adalah reaksinya yang dapat dioksidadi, sehingga bisa digunakan dalam industri pembuatan aseton. Selain untuk pembuatan aseton, industri hibrida biasanya juga menggunakan IPA yang sudah direduksi, sehingga lebih aman digunakan. 

Isobuttyl Alcohol 

Berikutnya adalah Isobuttyl Alcohol atau IBA, yang merupakan senyawa organic dengan warna bening. Seperti alkohol pada umumnya, IBA mudah terbakar dan biasanya lebih sering digunakan sebagai bahan pernis. Di beberapa negara yang teknologinya sudah maju, IBA juga sering digunakan untuk bahan bakar energy ramah lingkungan, sebab terbuat dari tanaman. 

Supplier kimia biasanya menyediakan IBA sesuai permintaan konsumen. Pastikan Anda memilih supplier bahan kimia yang tepat guna menghindari bahan kimia yang sudah rusak atau tidak sesuai standar. Jika alkohol yang diterima tak berkualitas, hasil akhir produk yang Anda dapatkan juga tak bisa maksimal. 

Normal Butyl Alcohol (NBAL)

Jenis alkohol lain yang juga sering diperjual belikan adalah NBAL atau Normal Butyl Alcohol. Dibandingkan dengan dua jenis alkohol sebelumnya, alkohol jenis ini kandungannya yang tidak larut di dalam air. Pemakaiannya juga harus sesuai aturan, sebab dengan konsentrasi 10% saja, bisa memberikan manfaat yang baik untuk suatu produk. 

Jika konsentrasinya diatas 10%, bisa memberikan efek negatif pada organ tubuh manusia. Mulai dari masalah di bagian mata, tenggorokkan, hingga hidung. Karena itu, jika Anda membeli alkohol NBAL di supplier kimia, pastikan pengemasannya aman dan tertutup dengan rapat. 

Normal Propyl Alcohol

Apabila Anda ingin mencari alkohol alternatif, maka Normal Propyl Alcohol bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan. NPA merupakan alternative yang sering digunakan sebagai pengganti metal alkohol. Pemakaiannya cukup beragam, ada yang bisa digunakan untuk pelarut kimia pada kosmetik hingga farmasi. 

Sifat alkohol ini juga mirip dengan sintesis methanol, sehingga tetap aman digunakan. Meski begitu, penerapannya tetap harus mempertimbangkan banyak aspek, sebab sifat alkoholnya masih cukup kuat dan bisa menyebabkan keracunan jika digunakan berlebih. 

Methanol

Jika Anda sudah bergelut lama dalam bidang industri bahan kimia, Anda pasti tak asing dengan methanol. Alkohol dengan rumus kimia CH3OH ini merupakan bahan bakar nabati paling sederhana, sehingga bisa dikombinasikan untuk berbagai bahan kimia lainnya.

Methanol juga bisa digunakan sebagai pelarut apabila ditambahkan dengan bahan lain yang memiliki fungsi sama. Jika dilihat secara detail, aromanya mirip dengan etanol, sehingga harus jeli ketika memilihnya. Supplier kimia yang baik akan menjelaskan jenis alkohol ini kepada Anda, berikut dengan pemakaiannya. 

Apa Saja Manfaat Alkohol?

Photo scientists are preparing unknown for use in laboratory

Sumber gambar: Freepik

Alkohol punya banyak manfaat dan kehadirannya cukup penting untuk kehidupan manusia. Beberapa pemanfaatan alkohol yang sering dan umum ditemui antara lain:

Praktik Medis

Dalam dunia medis, alkohol punya segudang manfaat yang tak bisa digantikan oleh cairan lain. Alkohol bisa digunakan sebagai antiseptik karena kemampuannya untuk membunuh bakteri atau virus. Alkohol yang sudah direduksi dan dicampur dengan bahan lain juga bisa membunuh jamur, jenis ini bisa langsung dipakai untuk antiseptik tangan. 

Disinfektan Permukaan 

Beberapa peralatan medis seperti termometer, gunting, dan alat operasi harus dibersihkan dengan alkohol. Jenis alkohol ini bisa Anda dapatkan lewat supplier kimia yang terpercaya, sehingga kualitas dan fungsinya tetap bisa digunakan secara optimal. 

Pembersih Perabot Rumah Tangga 

Banyak alat pembersih rumah tangga yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Alkohol tidak hanya bisa membersihkan jamur dan kuman, namun juga debu dan karat ringan yang menempel. Jika digunakan di peralatan rumah tangga, konsentrasi dan kandungan alkohol yang ada di dalam produknya haruslah tinggi.

Membersihkan Perhiasan 

Perhiasan ternyata juga bisa dibersihkan menggunakan alkohol. Kilau yang hilang di perhiasan seperti cincin, kalung atau gelang bisa Anda kembalikan lagi menggunakan alkohol. Tentunya jenis alkohol yang digunakan harus jenis tertentu yang aman untuk kandungan perhiasaan dan kulit tubuh. 

Lewat berbagai manfaatnya yang besar terhadap kehidupan manusia, pemilihan alkohol tentu tak boleh sembarangan. Anda bisa mendapatkan alkohol terbaik di PT Indochemical Citra Kimia. Sudah berpengalaman sejak 1972, supplier bahan kimia ini menyediakan banyak pilihan alkohol berkualitas yang bisa menunjang produksi Anda. 

Sebagai supplier kimia yang terpercaya, tak hanya alkohol yang bisa Anda pilih, tersedia berbagai pilihan bahan kimia lain sesuai kebutuhan Anda. Dengan memilih bahan kimia yang baik, tentunya hasil produk dan manfaat darinya bisa dirasakan secara maksimal oleh konsumen.