Peran dan Tips Memilih Importir Bahan Kimia yang Tepat

Peran dan Tips Memilih Importir Bahan Kimia yang Tepat

Importir bahan kimia adalah badan hukum atau perseorangan yang mengimpor berbagai jenis bahan kimia dari negara lain dan menjualnya kembali di dalam negeri. Bahan kimia sendiri merupakan bahan penting yang banyak digunakan di berbagai industri, termasuk farmasi, pertanian, dan manufaktur. Pada beberapa produk sehari-hari, salah satu bahan utamanya adalah bahan kimia. 

Tidak heran jika kebutuhan bahan kimia di setiap negara khususnya Indonesia semakin meningkat dan akan terus meningkat. Tentu saja, jika peningkatan permintaan terhadap bahan-bahan tersebut tidak dapat menyeimbangkan pasokan, maka perusahaan tidak akan mampu memproduksi produknya. Hal ini berdampak signifikan terhadap tingkat pengangguran di Indonesia. 

Alasannya karena jika perusahaan tutup, banyak karyawan yang masih menganggur. Dengan cara ini, pertumbuhan ekonomi negara akan menurun dan kemiskinan  meningkat. Artinya, impor bahan kimia merupakan alat yang penting ketika pasokan dalam negeri tidak mencukupi. Importir dan pedagang bahan kimia di suatu negara mempunyai peran yang beragam sehingga sangat penting untuk memilih kriteria importir yang sesuai dengan misi perusahaan Anda. 

Peran Importir Bahan Kimia di Suatu Negara 

Importir bahan kimia

Pexels.com

Kehadiran produk yang mengandung bahan kimia semakin hari semakin meningkat. Keadaan ini meningkatkan permintaan bahan kimia di suatu negara. Oleh karena itu, impor bahan kimia sangat diperlukan karena dapat berperan penting bagi negara.  

1. Terus mendukung pengembangan industri lokal  

Perlu Anda ketahui bahwa keberadaan bahan kimia yang didatangkan dari luar negeri merupakan salah satu faktor dan alasan penting bagi semakin berkembangnya industri dalam negeri. Importir memasok bahan kimia sehingga kami dapat terus memproduksi produk tersebut. Faktanya, importir dapat mendukung pertumbuhan dan pembangunan dalam negeri, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kontribusi perekonomiannya.

2. Berkontribusi dalam meningkatkan peluang ekspor 

Kalaupun suatu negara perlu melakukan impor dari luar negeri, negara tersebut dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kapasitas ekspornya. Hal ini dimungkinkan karena bahan kimia impor diubah menjadi  produk berkualitas tinggi yang mampu bersaing dengan standar internasional. 

3. Peningkatan pendapatan pemerintah 

Sudah tidak lazim lagi bagi pemerintah untuk mengenakan pajak atau bea impor atas bahan kimia yang diimpor. Pajak impor ini memang menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah. Dengan demikian, turut mendukung berbagai program pemerintah yang bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat. 

4. Menciptakan lapangan kerja baru 

Bahan kimia juga menjadi dasar penelitian dan pengembangan produk baru. Artinya bahan kimia ini bisa menjadi  inspirasi  penelitian dan pengembangan produk baru  dalam negeri. Tentunya untuk industri tertentu yang sesuai atau cocok dan berpotensi menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.  

5. Meningkatkan kesejahteraan nasional 

Ketika pasokan bahan kimia  dalam negeri menipis, solusi alaminya adalah mengimpor bahan kimia dari negara lain. Jadi siapapun yang mendatangkan bahan kimia tersebut bisa  bekerja sama dengan perusahaan yang membutuhkannya. Hal ini nantinya dapat membantu  satu perusahaan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk berkembang lebih jauh dan menjamin kesejahteraan masyarakat yang bekerja dan memperoleh pendapatan di industri tersebut.

Tips Mendapatkan Distributor Bahan Kimia yang Terpercaya

Importir bahan kimia

Freepic.com

Jika Anda adalah perusahaan yang menggunakan bahan kimia untuk memproduksi produk, tentu Anda akan mencari mitra untuk diajak bekerja sama sebagai pemasok bahan tersebut. Salah satu kemungkinannya adalah bekerja sama dengan  importir bahan kimia. Kerja sama ini diperlukan untuk memastikan pasokan bahan kimia yang digunakan dalam produk  aman dan terjaga.

Namun, Anda harus memilih pengecer yang dapat diandalkan untuk memastikan bahwa bahan kimia yang ditawarkan berkualitas tinggi dan aman digunakan sesuai kategori produk. Ada beberapa cara untuk memilih importir bahan kimia.  

1. Teliti perusahaan 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memilih dealer adalah meneliti perusahaannya. Anda perlu mengetahui tentang latar belakang perusahaan, rekam jejak, reputasi, lisensi dan izin. Hal ini untuk menghindari tertipu oleh distributor bahan kimia impor. 

2. Memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan 

Selain itu, Anda harus memeriksa kualitas produk yang ditawarkan oleh pengecer berdasarkan portofolio atau sertifikasi produk mereka sebelumnya. Memastikan kualitas produk memenuhi standar  yang berlaku dan keselamatan serta  lulus pengujian. Dengan cara ini, bahan kimia yang Anda beli akan  memiliki kualitas terbaik.  

3. Lihat fasilitas dan layanan yang ditawarkan 

Saat memilih dealer, perhatikan juga fasilitas dan layanan yang diberikan. Hal yang sama juga berlaku dalam pemilihan perusahaan dan mitra lainnya. Karena kami tahu layanan seperti apa  yang bisa Anda dapatkan jika kami bekerja sama. Peralatan yang dihasilkan akan membantu memenuhi kebutuhan masa depan perusahaan Anda.

4. Kami akan menyesuaikan harga yang diminta agar sesuai dengan anggaran Anda. 

Jika Anda sudah memiliki agensi dan reputasi yang baik, ada baiknya Anda juga memperhatikan hal-hal lain. Cara ini sebaiknya Anda gunakan dengan menyesuaikan budget Anda dengan harga yang ditawarkan oleh dealer. Kondisi ini harus dipenuhi agar pengelolaan keuangan perusahaan  tidak gagal.

Jika sudah membaca semua tips dan penjelasan, salah satu perusahaan dengan reputasi baik dalam pemenuhan import bahan kimia adalah Indochem. Indochemical Citra Kimia berkomitmen memberikan produk unggulan dengan kualitas bahan kimia yang terbaik dan harga yang bersaing dipasaran. Berbagai jenis bahan kimia tersedia seperti jenis alifatik, alkohol, ketone, aromatik, dan lain sebagainya.