Pelarut Kimia Pembersih untuk Industri

06 Mar 2020
Pelarut Kimia Pembersih untuk Industri

Pada bidang industri, pelarut kimia atau solvent chemical berfungsi untuk membersihkan peralatan atau mesin industri serta menjadi campuran bahan larutan yang digabungkan secara kimia. Menurut klasifikasinya, terbagi menjadi organik dan non organik. Defenisi organik disini dimaksudkan sebagai bahan pelarut yang mengandung karbon (C) dan mengandung pembersih logam industri yang aman digunakan. Sedangkan non organic, dicontohkan sebagai air (H2O).
Memilih pelarut kimia yang tepat, tidaklah mudah. Anda harus mengetahui jenis, reaksi hingga takaran yang benar untuk kebutuhan Anda. Kenali jenisnya dalam penjelasan dibawah ini.
 

Jenis Pembersih Larutan Kimia

Seperti yang diketahui umumnya, terdapat 3 jenis larutan pembersih logan yang efektif seperti

  • Oxygenenated 

Tipe ini sering digunakan sebagai pelarut untuk produk kosmetik yang cukup terjangkau untuk dibuat. Jika dilihat pada tingkat kemurniannya, Oxygenenated Solvent fokus pada tingkat yang tidak murni, contohnya seperti glikol, alkohol dan keton.

  • Hydrocarbon 

Seperti namanya, larutan jenis minyak bumi ini mengandung atom hidrogen yang cukup kompleks seperti pelarut alifatik sebagai pembersih logam contohnya seperti minyak tanah dan bensin. Selain alifatik, ada jenis kedua dari hidrokarbon yaitu pelarut aromatic contohnya seperti bezena yang digunakan dalam pembuatan cat.

  • Halogenated

Jenis ini mengandung atom halogen dalam molekulnya dan memiliki sifat cukup stabil sehingga tidak mudah terbakar yang diaplikasikan untuk larutan pembersih industri. Anda bisa menemukan berbagai jenis larutan industri disini.

 

Faktor Memilih Pembersih Logam

Setelah Anda memahami apa itu larutan pembersih kimia beserta jenisnya, Anda wajib mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih seperti metode apa yang dilakukan sehingga tidak melanggar peraturan lingkungan yang berlaku. Kemudian cek kembali jenis bahan pelarut apakah sesuai dengan dana industri yang Anda miliki. Memilih dengan tepat dengan signifikan mempengaruhi kinerja serta kualitas produk. Tuga Anda dalam memilih pembersih larutan industri akan lebih mudah jika berkonsultasi dengan ahlinya. Hubungi kami distributor kimia terlengkap dengan klik https://www.indochem.co.id atau (021) 5694 0000 untuk setiap pertanyaan mengenai pemilihan pelarut kimia yang tepat sesuai kebutuhan Anda.