Mengulik Aromatics Toluena (C7)

06 Mar 2020
Mengulik Aromatics Toluena (C7)

Apakah Anda penasaran dengan bau atau wangi seperti apa yang dihasilkan oleh Aromatics Toluena (C7)? Coba Anda bayangkan wangi cat atau pengencer cat (thinner). Iya! Mungkin ada banyak orang yang menyukai jenis wangi seperti ini. Akan tetapi, wangi ini tidak baik jika dihirup dalam jangka waktu yang lama atau terus menerus.
Aroma yang dihadirkan oleh Toluena sangat khas, bahkan senyawa kimia cair ini memiliki aroma yang mudah diingat oleh orang. Jenis aroma ini kerap kali digunakan untuk memproduksi bahan komersial seperti tinner, cat, dan lem.

Jika dilihat, jenis aroma ini tidak memiliki warna dan tidak bisa larut dalam air yang dikenal sebagai methylbenzene, yakni senyawa kimia organik yang mengandung atom karbon (C). Toluena dikategorikan sebagai senyawa aromatik karena memiliki cincin benzen dalam struktur kimianya dengan ikatan rantai yang saling merangkap sehingga berbentuk seperti cincin heksagonal. Dalam kasus seperti ini, aromatik Toluena kerap kali disalahgunakan sebagai obat inhalan.

Obat inhalan adalah kumpulan berbagai zat kimia yang dapat menguap. Senyawa kimia ini dapat mengurangi oksigen dalam tubuh dan memaksa jantung untuk memompa lebih cepat dan lebih kencang sehingga tidak berdetak secara teratur. Karena hal tersebut, jika senyawa ini dihirup melalui hidung dan mulut secara berlebihan dapat merusak otak, fisik, dan mental. Tetapi Toluena ini sangat dibutuhkan dan berguna untuk menyemprot aerosol, cairan pembersih, lem, cat, pembersih cat kuku, tiner, dan bahan bakar ringan lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai zat kimia Aromatics Toluena (C7), Anda dapat menghubungi distributor bahan kimia terpercaya yang menyediakan dengan lengkap bahan pelarut kimia lainnya. Anda dapat hubungi Kantor Pusat kami di (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id