Mengetahui Bahaya Metanol dan Penanganannya

06 Mar 2020
Mengetahui Bahaya Metanol dan Penanganannya
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas secara mendalam apa itu metanol, fungsi hingga pengaplikasiannya. Sebelum membahas lebih jauh, akan dijelaskan secara ringkas untuk mengingat apa itu metanol. 

Pemahaman Metanol

Metanol (CH3OH) adalah kimia cair yang larut dalam air dan  juga mudah terurai. Jika dilihat dari komponen yang dimiliki terdapat 4 bahan alami penting yaitu hidrogen, satu bagian oksigen dan satu bagian karbon. Pada umumnya diprosuksi melalui spesifikasi resmi yang memerlukan peninjauan lebih dalam. Metanol memiliki sifat atau karakteristik yang sangat mudah terbakar dan sulit dilihat dengan kasat mata terutama pada uang hari. Simpan metanol dalam suhu ruangan yang tidak terlalu pas, jauhkan dari sinar matahari atau panas yang dapat merusak bahkan menyulut terbakarnya kimia cair ini. Jika terkena percikan api atau permukaan yang panas maka metanol akan berekasi dengan cepat dan menimbulkan kebakaran. Sehingga perlu memperhatikan cara penyimpanannya.

Hati Hati Dengan Metanol

Jika penyimpanan sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan, maka perlu memperhatikan aroma yang ditimbulkan.Karena jika dihirup akan menjadi racun. Tidak hanya dihirup, tapi jika terkena kulit maka akan menyebabkan kerusakan pada kulit.
 Maka gunakan perlindungan yang dibutuhkan seperti sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia agar menangani metanol, kenakan sarung tangan tahan bahan kimia dan yang sesuai. Jika terjadi hal tersebut segera hubungi pihak kesehatan dan keselamatan.
Jika Anda mencari cairan kimia dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi, pengaplikasian hingga konsultasi mengenai percampuran kimia metanol, Anda dapat menghubungi kami , distributor bahan kimia industri terpercaya di Indonesia mulai dari Apapun kebutuhan Anda, jangan ragu untuk hubungi kami agar mendapatkan informasi lebih lanjut.