Mengenal Titanium Dioxide

06 Mar 2020
Mengenal Titanium Dioxide

Membahas mengenai Titanium Dioxide, simak penjelasan berikut ini. Titanium Dioxide banyak dikenal sebagai bahan aktif  berwarna putih cerah serta bertekstur halu. Biasanya digunakan dalam berbagai produk  industri kosmetik dan non kosmetik seperti tabir surya, cat, tekstil, pasta gigi, otomotif dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya Titanium berinteraksi secara alami dengan oksigen dalam membentuk titanium dioksida yang bisa ditemukan pada pasir, debu ataupun tanah. Titanium pada umumnya berasal dari bumi yang biasanya ditemukan pada tumbuhan serta hewan. 

Berikut penjelasan mengenai aplikasi Titanium Dioxide yang dapat Anda temukan pada produk sehari-hari.

  • Titanium Dioxide sebagai bahan tabir surya

Titanium merupakan bahan kimia yang bekerja sebagai penyaring sinar ultraviolet yang dapat membantu melindungi kulit agar tidak terkena paparan sinar UV secara berlebihan yang dapat menyebabkan kulit terbakar bahkan menimbulkan penyakit kulit lain yang berbahaya. Jenis Titanium Dioxide pigmen dengan skala nano dengan ukuran partikel sangat kecil sehingga tidak memantulkan cahaya UV merupakan jenis yang digunakan pada kandungan tabir surya untuk memudarkan warna kusam sekaligus mencerahkan.

  • Titanium Dioxide di industri otomotif

Fungsi Titanium Dioxide akan memberikan hasil yang berbeda jika digunakan sebagai industri otomotif seperti mempercepat terjadinya reaksi kimia. Contoh yang dimaksudkan yaitu bisa menghilangkan gas emisi yang berbahaya.

  • Titanium Dioxide aplikasi bahan cat, plastik dan kertas

Daya tahan yang dikandung Titanium Dioxide memiliki opasitas yang cukup tinggi. Opasitas disini dimaksudkan sebagai keadaan yang tidak tembus cahaya, artinya zat kimia ini dapat memberikan perlindungan daya tahan yang lebih lama pada lapisan cat, memberikan kekuatan lebih pada plastic agar tidak retak, membentuk lapisan yang kuat, serta meningkatkan umur plastik agar sehingga daya memiliki tahan lama. Jika pada kertas, efek yang dihasilkan adalah sebagai pemutih yang menjadikan warna kertas lebih cerah.

Zat kimia Titanium Dioxide dapat Anda temukan dengan mudah menghubungi Kantor Pusat kami di  (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id Anda dapat menghubungi distributor bahan kimia terpercaya yang menyediakan dengan lengkap bahan pelarut kimia lainnya.