Mengenal Jenis-Jenis Alkohol Berdasarkan Kegunaannya

06 Mar 2020
Mengenal Jenis-Jenis Alkohol Berdasarkan Kegunaannya

Alkohol merupakan senyawa turunan alkana yang punya gugus hidroksil (-OH). Alkohol dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan jumlah gugus hidroksilnya, yaitu senyawa monoalkohol dan polialkohol. Alkohol Mono (Monoalkohol) adalah alkohol yang memiliki satu buah gugus hidroksil, sedangkan Alkohol Poly (polyalkohol) adalah alkohol yang memiliki gugus hidroksil lebih dari satu. Alkohol sendiri sering digunakan pada produk-produk, seperti bahan bakar, cat, pelarut, produk kecantikan, dan bahan tambahan makanan. Ada juga yang dijadikan minuman, seperti bir atau wine. Berdasarkan kegunaannya ini, alkohol pun dibedakan dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis alkohol berdasarkan kegunaannya.

1. Metanol

Metanol yang juga dikenal sebagai spiritus, adalah bahan kimia dengan rumus CH3OH. Ini adalah jenis alkohol yang tidak dapat diminum (juga dikenal sebagai alkohol kayu dan metil alkohol) yang banyak digunakan untuk membuat bahan bakar, pelarut, dan antibeku. Metanol juga banyak digunakan untuk menghasilkan berbagai bahan kimia lainnya, termasuk asam asetat. Metanol ini memiliki ciri-ciri berupa cairan yang tidak berwarna, mudah menguap, mudah terbakar, dan beracun untuk konsumsi manusia.
 

2. Etanol

Etanol atau etil alkohol (C2H5OH), alkohol murni atau alkohol absolut, adalah jenis alkohol yang sering digunakan pada kehidupan sehari-hari. Etanol banyak digunakan pada pelarut atau yang digunakan pada produk yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Contohnya adalah pada parfum, perasa, pewarna makanan, dan obat-obatan. Selain itu, ini juga biasa digunakan untuk pembersih luka dan mencegah terjadinya infeksi. Pada saat pandemi seperti saat ini, etanol digunakan sebagai bahan dasar disinfektan untuk mensterilkan virus, bakteri, dan kuman.
 

3. Isopropil Alkohol

Zat kimia isopropil alkohol atau IPA sering digunakan pada produk untuk pembersih sehari-hari, seperti hand sanitizer, alat pembersih, atau alcohol wipes. Jika tidak sengaja tertelan, maka zat isopropyl ini bisa membuat seseorang seakan mabuk bahkan bisa sampai keracunan. Keracunan isopropil alkohol bisa terjadi ketika liver tidak dapat mengkontrol kadarnya. Pada beberapa kasus, ada juga orang-orang yang sengaja menelan zat ini agar mendapatkan efek mabuk atau mencelakai diri sendiri.

Itu dia berbagai jenis dari alkohol berdasarkan kegunaannya. Bagi Anda sedang membutuhkan produk alkohol berkualitas untuk kebutuhan industri Anda, maka Anda dapat memperolehnya melalui PT. Indochemical Citra Kimia. Sebagai distributor bahan kimia cair terbaik dan terpercaya di Indonesia sejak 1972, kami memulai melakukan pengimporan dan distribusi, seperti pelarut kimia, monomer, dan bahan kimia khusus lainnya dengan kualitas terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official PT. Indochemical Citra Kimia di https://www.indochem.co.id/.