Kriteria Distributor Bahan Kimia Terbaik di Indonesia

06 Mar 2020
Kriteria Distributor Bahan Kimia Terbaik di Indonesia

Saat ini kita banyak menggunakan produk untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak terlepas dari bahan dasar kimia. Kebutuhan paling sederhana misalnya untuk mencuci baju, tentu membutuhkan deterjen agar baju yang dicuci lebih bersih. Kemudian ditambah dengan pewangi untuk memberikan aroma sedap di pakaian setelah dicuci.

Semua produk yang digunakan tersebut memiliki kandungan bahan kimia untuk membersihkan dan memberikan aroma di pakaian. Selain itu, masih banyak produk kimia lainnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berkembangnya industri pembuatan produk kimia maka semakin banyak kebutuhan bahan baku kimianya.

Oleh karena itu, distributor bahan kimia juga akan semakin dibutuhkan untuk menyuplai kebutuhan bahan baku industri kimia. Distributor bahan kimia merupakan pihak yang membeli bahan-bahan kimia dari produsen secara langsung untuk mendistribusikan kepada pihak yang membutuhkan. 

Tugas Distributor Bahan Kimia

Keberadaan distributor bahan kimia sangat dibutuhkan karena memiliki peran dan tugas yang penting. Apalagi kebutuhan bahan baku kimia industri semakin meningkat seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat. Sehingga perusahaan industri manufaktur bergantung pada perusahaan distributor bahan kimia.

Tidak hanya itu, masih ada tugas lain bagi distributor bahan kimia dimana berkaitan dari hulu hingga ke hilir. Mulai dari proses pembelian hingga pendistribusian ke perusahaan yang membutuhkan. Nah, Penjelasan lengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut.

  1. Membeli Bahan Kimia dari Produsen

Distributor adalah pihak pertama yang membeli bahan kimia dari produsen. Oleh karena itu, tugas yang pertama adalah membeli bahan kimia dari produsen pertama. Biasanya bahan kimia yang didapatkan yaitu dari luar negeri. Jumlah pembeliannya juga tidak sedikit karena untuk menekan cost pengiriman..  

  1. Memastikan Ketersediaan Bahan Kimia 

Ketersediaan bahan kimia yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh para pelaku distributor. Sehingga distributor harus memastikan ketersediaan bahan yang diperlukan oleh pelanggan. Perusahaan distributor perlu menghitung jumlah stok yang keluar dan tersedia sehingga bisa mengestimasikan waktu pembelian selanjutnya dari produsen.  

  1. Mengatur Penyimpanan dengan Aman 

Bahan kimia merupakan produk yang memerlukan penanganan khusus agar tidak menimbulkan bahaya. Oleh karena itu, tugas pihak distributor harus dapat mengatur penyimpanan dengan baik di tempat khusus yang berstandar. Selain untuk mencegah timbulnya bahaya, hal ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas dari bahan kimia tersebut. 

  1. Mendistribusikan ke Perusahaan Kimia

Tugas distributor yang paling utama adalah mendistribusikan bahan kimia yang dibutuhkan oleh perusahaan industri kimia. Perusahaan yang bergerak di bidang Farmasi juga membutuhkan bahan kimia untuk pembuatan produknya. Sehingga, pemasaran bahan kimia ini mencakup aspek yang luas sesuai permintaan pelanggan. 

  1. Memastikan Keamanan Pengiriman

Selain perlu mengatur penyimpanan bahan kimia dengan baik, Distributor juga perlu memastikan keamanan pada saat pengiriman. Bahan kimia harus menggunakan armada yang aman sesuai dengan standar yang berlaku. Proses pengiriman akan menentukan bagaimana bahan kimia yang dikirimkan sampai lokasi tujuan dengan baik. 

Kriteria Distributor Bahan Kimia Terbaik di Indonesia

Bagi Anda yang sedang membutuhkan bahan kimia untuk keperluan bisnis Anda, sebaiknya lebih selektif dalam memilih distributor bahan kimia. Pasalnya, hasil akhir produk Anda akan ditentukan oleh bahan baku yang disuplai oleh distributor tersebut. Supaya tidak asal memilih, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu beberapa informasi  berikut.

  1. Berapa Lama Perusahaan Beroperasi

Lama sebuah perusahaan beroperasi tentu akan menjadi nilai tambah yang baik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Semakin lama sebuah perusahaan beroperasi tentu semakin banyak pengalamannya. Perusahaan tersebut pasti memiliki legalitas, izin usaha yang jelas dan kinerja yang baik karena mampu bertahan hingga saat ini. 

  1. Di Mana Lokasi Kantornya

Lokasi perusahaan tersebut beroperasi juga penting untuk dicari tahu. Bukan hanya alamatnya saja, Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi tersebut valid dan memang terbukti keberadaanya. Perusahaan yang besar biasanya akan memiliki lebih dari satu kantor di beberapa daerah. 

  1. Bagaimana Perusahaan Tersebut Memahami Tentang Produknya

Sebagai perusahaan yang bertugas untuk mendistribusikan bahan kimia sudah pasti mengetahui informasi tentang produk tersebut. Pemahaman mengenai jenis dan sifat dari bahan kimia, apa bahaya yang akan ditimbulkan serta bagaimana cara penanganannya. Distributor yang baik tentu akan melakukan manajemen pengelolaan yang benar. 

  1. Seberapa Lengkap Bahan Kimia yang Tersedia

Kebutuhan industri akan bahan kimia tentu sangat beragam jenisnya, mulai dari bahan kimia organik hingga anorganik. Sehingga distributor yang menyediakan bahan kimia dengan lengkap akan menjadi nilai plus tersendiri. Jika sudah tersedia di satu distributor maka pelanggan tidak perlu repot lagi mencari distributor lainnya.

  1. Bagaimana Cara Pendistribusiannya

Cara pendistribusian dari suatu distributor bahan kimia menjadi hal yang penting untuk diketahui. Bagaimana tidak? bahan kimia merupakan bahan yang rentan bereaksi dan berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Distributor yang berpengalaman dan terbiasa menangani produk kimia tentu mengetahui resiko tersebut. Sehingga, sudah pasti melakukan pengiriman dengan cara yang benar sesuai prosedur. 

Kesimpulan

Distributor bahan kimia merupakan pihak yang penting untuk memenuhi kebutuhan bahan baku produksi suatu perusahaan. Tugas dari distributor bukan hanya mendistribusikan bahan kimia saja. Tetapi, memiliki tugas lain yaitu sebagai tangan pertama dari produsen, memastikan ketersediaan bahan kimia, mengatur penyimpanan dan memastikan bahan kimia sampai dengan aman.

Sebelum menentukan distributor pilihan untuk menyuplai kebutuhan bahan kimia Anda. Maka, perlu lebih dulu mencari informasi mengenai perusahaan tersebut baik dari waktu beroperasi, lokasi kantor, kelengkapan produk hingga cara pendistribusiannya.

Semua informasi tersebut harus Anda cari tahu untuk menentukan perusahaan tersebut masuk kedalam kriteria distributor bahan kimia terbaik di Indonesia atau tidak. Jika semua informasi tersebut sudah Anda ketahui dan hasilnya menunjukan kredibilitas yang baik. Maka, segera lakukan pemesanan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.