Kenali apa itu Metanol dan Kegunaannya

06 Mar 2020
Kenali apa itu Metanol dan Kegunaannya

Bahan kimia cair seperti solvent dan bahan kimia lainnya memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Salah satu yang dikenal adalah methanol. Sebelum memutuskan membeli kimia cair atau bagaimana cara penggunaannya, sebaiknya kenali lebih dalam dalam pembahasan secara terperinci di bawah ini.

Apa itu metanol?

Pada dasarnya, bahan kimia cair ini merupakan cairan berwarna bening yang memiliki fungsi dalam produk sehari hari seperti bahan dasar cat, plastic hingga kosmetik. Selain itu terdapat keuntungan yang didapatkan pada penggunaannya di lingkungan seperti sebagai bahan bakar atau sumber energi pada dunia kelautan dari otomotif hingga listrik. Rumus yang dimiliki yaitu CH3OH sebagai bahan bakar nabati ini sangat mudah terurai sehingga larut dalam air yang pembuatannya berasal dari bahan hodrogren, oksigen, karbon dan termasuk dalam cairan kimia yang paling sederhana yaitu alkohol. 

Bagaimana metanol diproduksi?

Melalui proses produksi, cairan kimia ini sudah dinilai aman oleh pemerintah untuk penggunaan industri yang ingin mencoba cairan kimia alami dari tumbuh-tumbuhan dan mikroba. Dalam jangka panjang, jika dihirup oleh manuasia akan menyebabkan kepala pusing hingga mual. Tidak ada efek lain yang mematikan, tetapi jika terpapar maka sebaiknya segera dinetralkan dan dibersihkan karena tubuh dan kulit manusia tidak dapat menahan terlalu lama. Menjadi salah satu bahan baku kimia paling diminati, metanol sangat unggul untuk produksi minyak, gas, hingga zat aditif untuk bahan bakar hayati.

Apa kegunaan metanol?

Kabar baiknya, sumber nabati ini termasuk dalam biodegrable atau  biasa disebut sebagai bahan organik yang diklaim bahwa ia akan terurai dalam waktu singkat, lebih ramah lingkungan, Selain itu sifat yang dimiliki termasuk dalam kelompok alkohol sehingga mudah sekali terbakar. Keuntungan lain yang dapat dirasakan yaitu dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk bahan bakar kendaraan seperti kapal hingga pemanas rumah. Walaupun bisa digunakan sebagai sumber energi seperti untuk memasak makanan, Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaannya.

Dalam memilih jenis alkohol khusunya metanol sebaiknya Anda mengkonsultasikan dengan ahlinya, Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai cairan kimia atau sedang mencari distributor bahan kimia di Indonesia, hubungi Indochem di 021 5694 0000 untuk pertanyaan lebih lanjut.