Kenali 7 Grade Bahan Kimia yang Biasa Dipakai di Lab

Kenali  7 Grade Bahan Kimia yang Biasa Dipakai di Lab

Dalam proses produksi dan uji produk-produk perawatan kesehatan, seperti farmasi, biologi, jaringan, sel, serta alat dan bahan medis lainnya, tentu sangat membutuhkan bahan-bahan kimia.

Namun, penggunaan bahan kimia pastinya tidak boleh sembarangan.

Harus memakai bahan kimia yang telah melalui proses identifikasi oleh pabrik menjadi beberapa grade yang masing-masing punya standar dan sertifikasi dalam penggunaannya.

Grade bahan kimia dikategorikan berdasarkan tujuan penggunaan yang memerlukan tingkat kemurnian kimia tertentu pada saat membuat larutan.

Lalu, apa saja grade bahan kimia yang biasa dipakai di laboratorium? Artikel ini akan menjelaskannya, mulai dari grade terendah hingga yang tertinggi.

1. Technical Grade (Grade Teknis atau Bahan Kimia Teknis)

Istilah lain dari grade bahan kimia ini yaitu grade komersial. Tingkat bahan atau zat kimia ini kerap kali dipakai untuk keperluan industri, dan jarang digunakan untuk kebutuhan analisis kimiawi. 

Keperluan kimia yang umumnya menggunakan bahan kimia ini adalah untuk larutan pencuci atau pembersih. Selain itu, bisa juga untuk larutan pemicu reaksi kualitatif yang bersifat demonstratif. 

Oleh karena impuritisnya harus diperkecil lebih dulu melalui proses tertentu sebelum bisa digunakan, makanya bahan kimia grade teknis sifatnya tidak cukup murni sebagai campuran makanan maupun obat.

2. Purified Grade 

Anda bisa memperoleh salah satu grade bahan kimia ini di distributor bahan kimia terdekat di wilayah Anda. Purified grade juga sering kali disebut sebagai bahan kia berstandar resmi atau murni.

Untuk pemakaiannya juga belum bisa digunakan sebagai campuran bahan makanan ataupun obat-obatan. Itu karena standar murni yang ada pada grade bahan kimia ini mengakibatkan penggunaannya jadi terbatas. 

3. Grade Laboratorium 

Grade bahan kimia ini merupakan yang paling sering digunakan dalam praktikum pendidikan, namun tingkat kemurniannya belum diketahui. 

Walaupun sangat cocok digunakan sebagai materi pembelajaran atau pelatihan, akan tetapi belum cukup murni diaplikasikan pada makanan ataupun obat. 

Dikarenakan grade laboratorium memiliki tingkat kemurnian yang cukup baik dan membutuhkan biaya yang relatif rendah, maka cakupan penggunaannya pun cukup luas, terutama untuk praktikum di lab sekolah maupun perguruan tinggi.

Akan tetapi, bahan kimia grade laboratorium tidak cocok digunakan di lab quality control produksi farmasi maupun alat medis. 

4. Grade NF

NF merupakan kependekan dari National Formulary. Grade bahan kimia ini telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh NF. Maka dari itu, penggunaan zat kimia ini diperbolehkan untuk digunakan pada campuran bahan makanan, kosmetik, dan obat-obatan.

Namun, daftar bahan kimia grade NF marus melalui proses peninjauan terlebih dahulu untuk menentukan mana yang memiliki grade yang setara. 

5. Grade USP (United States Pharmacopeia)

Bahan kimia ini merupakan zat kimia yang kerap dipakai untuk kebutuhan industri-industri tertentu, misalnya industri bahan makanan dan industri kesehatan. 

Grade bahan kimia ini umumnya juga digunakan untuk keperluan laboratorium. Tingkat kemurniannya cukup untuk dipakai sebagai pereaksi kimia di lab, kecuali untuk keperluan analisis kimia. 

Layaknya grade NF, grade USP juga memenuhi standar USP dan bisa diaplikasikan pada bahan makanan, kosmetik, dan obat.

6. Grade Reagent

Grade bahan kimia yang satu ini umumnya memiliki tingkatan yang sama dengan grade ACS yaitu lebih dari atau sama dengan 95% sehingga dapat digunakan untuk keperluan analisis makanan dan obat-obatan.

Bahan kimia ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan medis dan cocok untuk keperluan analisis kimia di laboratorium.

7. Grade ACS (American Chemical Society)

Grade bahan kimia ini merupakan kategori yang tertinggi yang telah memenuhi atau melampaui standar ACS. 

Zat kimia ACS bisa dipakai untuk penelitian pada makanan, obat-obatan, maupun penggunaannya.

Anda juga bisa mengaplikasikannya untuk prosedur umum atau kebutuhan medis yang perlu spesifikasi ketat dengan tingkat kemurnian lebih dari atau sama dengan 95 persen.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai grade bahan kimia yang umumnya dipakai di laboratorium.

Penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini karena setiap tingkat kemurnian dari masing-masing grade dapat mempengaruhi kualitas suatu produk. 

PT. Indochemical Citra Kimia adalah perusahaan distributor solvent chemical Indonesia yang menawarkan berbagai jenis bahan kimia. 

Mulai dari distribusi bahan kimia yang aman, proses produksi dengan teknologi canggih serta standar operasional yang ketat, kami siap melayani Anda sesuai dengan kebutuhan. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.