Kelebihan Dan Kekurangan Dari Bahan Finishing Nitrocellulose

06 Mar 2020
Kelebihan Dan Kekurangan Dari Bahan Finishing Nitrocellulose

Nitrocellulose adalah bahan kimia yang banyak digunakan pada perindustrian untuk finishing. Nitrocellulose atau biasa disebut NC ini merupakan bahan kimia yang biasa digunakan untuk bahan utama membuat resin nitrocellulose, dan banyak digunakan untuk finishing, seperti otomotif. Sejak pertama ditemukan, bahan ini mulai banyak digunakan untuk menggantikan bahan finishing konvensional, seperti plitur.  Namun walaupun bahan kimia ini banyak digunakan untuk finishing sebuah produk pada dunia perindustrian, NC juga mempunyai kelemahan dan juga kelebihan. Simak ulasannya berikut ini!

Kelebihan

Jika dibanding bahan finishing lain, NC mempunyai beragam kelebihan, di antaranya.

  1. Cepat kering, NC tidak memerlukan alat khusus agar lapisannya cepat mengering. Selama masa pengeringan lapisan yang terbentuk juga tidak akan kotor dan tidak rusak.
  2. Mudah diaplikasikan, karena bahan ini bersifat reversible sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan dapat dibenahi secara mudah. Tinggal melarutkan NC menggunaka thinner, lalu diaplikasikan ulang.
  3. Menghasilkan lapisan jernih dan juga halus. NC mempunyai tingkat clarity atau kejernihannya lebih tinggi dibanding coating lainnya.
  4. Bisa disimpan dalam waktu yang lama.
  5. Warna yang beragam.
  6. Bisa digunakan untuk kombinasi jenis finishing lain, seperti melamine dan shellac, bahkan cat berbasis air.
  7. Bahan kimia ini juga terbilang aman dibanding cat berbasis solvent lainnya. Hal ini dikarenakan penguapan gas beracun berasal dari solvent-nya secara umum lebih rendah.

Kekurangan

  1. Tetap lebih berbahaya bila dibanding cat berbasis air
  2. Bahan kimia ini mudah terbakar, sehingga jenis bahan ini tidak direkomendasikan untuk finishing produk-produk yang mudah terbakar.
  3. Tidak mampu memberikan proteksi yang baik untuk lingkungan yang bersuhu tinggi
  4. Tidak mampu memberikan proteksi yang baik untuk lingkungan yang cuacanya berganti-ganti. NC lebih cocok untuk diaplikasikan pada ruangan atau interior
  5. NC finishing-nya memang menawan. Namun, bahan ini lebih cepat menguning dibanding bahan finishing lainnya.

Itu dia kekurangan dan juga kelebihan menggunakan untuk bahan finishing dari NC atau Nitrocellulose. Bagi Anda yang sedang membutuhkan bahan kimia cair untuk berbagai kebutuhan rumah dan industri Anda, maka Anda dapat memperolehnya melalui PT. Indochemical Citra Kimia. Sebagai distributor bahan kimia cair terbaik dan terpercaya di Indonesia sejak 1972, kami memulai melakukan pengimporan dan distribusi, seperti pelarut kimia, monomer, dan bahan kimia khusus lainnya dengan kualitas terbaik.