Jenis – Jenis Alkohol Sebagai Bahan Kimia yang Perlu Diketahui

06 Mar 2020
Jenis – Jenis Alkohol Sebagai Bahan Kimia yang Perlu Diketahui

Jika kemarin sudah membahas mengenai Isopropyl Alcohol (IPA), Isobutyl Alcohol (IBA), dan Normal Butyl Alcohol (NBAL), ternyata ada 2 jenis alkohol lain yang perlu diketahui agar bisa memperdalam dan mengerti fungsi serta kegunaannya masing-masing, seperti Normal Propyl Alcohol dan Methanol. Ada 5 jenis alkohol yang sudah dibahas dalam pembahasan ini. Langsung saja lihat pengertian dan dimana Anda bisa mendapatkan kimia cair seperti alkohol:

Normal Propyl Alcohol

Propil alkohol juga disebut sebagai n-propil alkohol atau 1-propanol adalah salah satu dari 2 alkohol isomer yang digunakan sebagai pelarut serta zat dalam pembuatan kimia. Isomer kedua adalah isopropil alkohol (2-propanol). Jenis alkohol ini tidak berwarna, mudah terbakar, serta memiliki bau yang khas dan beracun.

Methanol

Methanol atau yang biasa disebut metal alkohol ini digunakan sebagai pelarut industri dan tidak untuk dikonsumsi. Metanol dibuat dari sintesa bakteri serta sintesa gula yang biasanya dikenal dengan sebutan spiritus. Seperti pada jenis alkohol lainnya, jenis methanol ini sangat berbahaya karena sifat dasar alkohol seperti mudah terbakar, beracun, dan mudah menguap. Sedangkan alkohol yang biasanya dikonsumsi tidak mengandung methanol melainkan ethanol.

Jadi bagaimana, sudah mulai mengerti jenis-jenis alkohol atau zat kimia dan peruntukkannya?
Anda bisa mendapatkan kelima jenis alkohol seperti Isopropyl Alcohol (IPA), Isobutyl Alcohol (IBA), Normal Butyl Alcohol (NBAL), Normal Propyl Alcohol, dan Methanol dengan menghubungi Kantor Pusat kami di (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id