Jenis Bahan Kimia yang Ada Di Produk Rumah Tangga

Jenis Bahan Kimia yang Ada Di Produk Rumah Tangga

Tidak semua orang menyadari kalau ada banyak jenis bahan kimia yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, kami akan ajak Anda untuk mengenal apa saja jenis bahan kimia yang terdapat di dalam produk rumah tangga.

  • Senyawa Ester
    Senyawa ester merupakan sebuah senyawa organik yang bereaksi dengan air. Reaksi tersebut kemudian akan menghasilkan asam organik dan alkohol.
    Bahan kimia yang satu ini memiliki bau yang harum sehingga dapat Anda temukan sebagai bahan untuk membuat sabun, kosmetik, obat-obatan, parfum sampai penambah rasa dan aroma pada produk makanan.
    Selain itu, senyawa ester juga kerap digunakan pada bidang industri sebagai bahan pengganti kaca.
     
  • Natrium Hipoklorit
    Bahan kimia lain yang ada di dalam produk rumah tangga yang berikutnya adalah natrium hipoklorit.
    Natrium hipoklorit sendiri adalah senyawa kimia yang dianggap sebagai garam natrium. Bahan kimia yang satu ini dapat Anda tenukan pada produk cairan pemutih karena efektif ketika digunakan sebagai pemurni air.
    Dalam skala yang lebih besar, natrium hipoklorit dipakai untuk disinfektan, bleaching dan odor removal.
     
  • Kalsium Karbonat
    Salah satu jenis bahan kimia yang dapat Anda temukan dalam produk rumah tangga adalah kalsium karbonat.
    Anda bisa menemukan bahan kimia yang satu ini di dalam pasta gigi.
    Menurut sebuah penelitian, pas gigi yang memiliki kandungan kalsium karbonat di dalamnya memiliki kemampuan untuk membuat plak dalam jumlah yang banyak hilang.
    Manfaat lain dari kalsium karbonat yang ada di pasta gigi adalah mengurangi perubahan warna gigi yang kerap terjadi pada perokok.
     
  • Natrium Sulfat
    Natrium Sulfat merupakan sebutan untuk garam natrium yang berasal dari asal sulfur. Anda bisa menemukan bahan yang satu ini di dalam deterjen yang Anda gunakan untuk mencuci pakaian.
    Selain digunakan sebagai salah satu bahan deterjen, natrium sulfat juga kerap dipakai di dalam industri pembuatan flat glass, keramik, farmasi, pulp dan juga kertas.
     
  • Natrium Bikarbonat
    Natrium bikarbonat sebenarnya adalah obat yang biasa dipakai mengatasi kondisi dimana cairan tubuh memiliki banyak asam. Dalam dunia medis, natrium karbonat sering digunakan sebagai penetral asam yang ada di dalam tubuh.
    Cara kerja natrium bikarbonat dalam dunia medis ini adalah dengan menguraikan dirinya sendiri sampai menjadi bikarbonat dan natrium di dalam air sampai larutan memiliki sifat basa. Setelah bersifat basa maka Ia akan memiliki kemampuan untuk menguraikan asam.
    Namun, dalam kehidupan sehari-hari, jenis bahan kimia yang satu ini dapat Anda temukan di soda kue.

Itulah dia beberapa contoh jenis bahan kimia yang bisa Anda temui di dalam produk rumah tangga yang sering Anda gunakan. Mana produk yang paling sering Anda gunakan di rumah?