Jenis Alkohol Pada Umumnya

06 Mar 2020
Jenis Alkohol Pada Umumnya

Apakah Anda mengenal jenis alkohol seperti Isopropyl Alcohol (IPA), Isobutyl Alcohol (IBA), Normal Butyl Alcohol (NBAL), Normal Propyl Alcohol, dan Methanol? Mungkin ada beberapa yang terdengar tidak asing. Simak penjelasan berikut ini agar lebih mudah dipahami:

Isopropyl Alcohol (IPA)

Tidak banyak yang mengetahui bahwa isopropanol atau IPA juga dikenal sebagai Isopropil alkohol (2-propanol), yakni merupakan larutan alkohol yang memiliki kualitas unggul untuk digunakan sebagai disinfektan. Pada umumnya, larutan alkohol ini digunakan sebagai larutan pembersih alat medis, farmasi, elektronik, dan bisa juga digunakan untuk menjaga rumah sakit tetap steril. Tahap kemurnian serta konsentrasi jenis alkohol dapat menimbulkan sifat disinfeksi dan sangat berguna bagi dunia kebersihan. Tetapi, perlu diperhatikan kadar kandungan yang digunakan hingga penyimpanannya agar tetap terhindar dari konsekuensi negatif yang membahayakan.

Larutan alkohol jenis ini sangat efektif dapat membunuh kuman dan mikroorganisme hingga lebih dari 91%. Disaat pandemi seperti ini, alkohol menjadi pahlawan untuk melindungi kita dari serangan covid-19 yang dinyatakan efektif untuk membunuh kuman, namun tetap dengan kadar yang wajar dan seharusnya. Meskipun kadar alkohol ditinggikan, hal ini tidak serta merta dapat menghasilkan efek yang lebih besar untuk membunuh bakteri, virus, atau sejenisnya yang tidak diinginkan. Konsentrasi 70% jenis alkohol ini terbilang efektif untuk disinfeksi.

Isobutyl Alcohol (IBA)

Isobutyl Alcohol atau yang bisa juga disebut Isobutanol termasuk senyawa kimia atau zat kimia yang digunakan sebagai bahan baku pengencer cat, bahan kimia industri, rumah tangga, serta bahan kimia dalam bahan umum seperti deterjen. Jenis alkohol ini memiliki rantai cabang 4 karbon yang juga sering digunakan untuk berbagai macam bahan kimia. Akan tetapi, jenis ini hampir tidak larut dalam air dan dapat larut di hampir semua pelarut organik.

Normal Butyl Alcohol (NBAL)

Jenis ketiga dari alkohol adalah N-Butanol yang merupakan alkohol OXO dari propilen atau gas sistesis dengan rantai lurus 4 karbon. Alkohol jenis ini memiliki warna yang bening atau seperti cairan bening yang memiliki bau. Selain itu, alkohol ini memiliki bau yang khas dan larut dengan semua pelarut umum.

Indochem sebagai distributor bahan kimia dapat menjadi one stop solution bagi industri atau siapa saja yang membutuhkan bahan kimia cair. Anda dapat hubungi Kantor Pusat kami di (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id