Hati-Hati Memilih Chemical Distributor Indonesia! Berikut Tips dan Rekomendasinya

06 Mar 2020
Hati-Hati Memilih Chemical Distributor Indonesia! Berikut Tips dan Rekomendasinya

Bahan-bahan kimia banyak diperlukan untuk berbagai kebutuhan baik untuk skala usaha industri maupun untuk kehidupan sehari-hari. Semakin berkembangnya kebutuhan bahan kimia saat ini, semakin banyak pula distributor bahan kimia di Indonesia. Chemical Distributor Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyedia bahan-bahan kimia yang dibutuhkan oleh berbagai pasar di Indonesia. 

Perusahaan distributor bahan kimia memiliki pasar yang cukup luas. Pasalnya berbagai bidang seperti Farmasi, industri kosmetik, hingga makanan membutuhkan bahan kimia. Hanya saja yang membedakan adalah jenis bahan kimianya yaitu organik maupun anorganik. Semakin banyaknya distributor bahan kimia maka harus semakin selektif dalam memilih perusahaan distributor yang hendak dipilih. Oleh karena itu, sebelum memilih perusahaan distributor bahan kimia Anda dapat melakukan beberapa tips berikut dan rekomendasinya.

Tips Memilih Chemical Distributor Indonesia

Memilih bahan kimia untuk keperluan industri perlu berhati-hati, tentunya hal ini sangat krusial karena menjadi faktor penentu kualitas akhir dari produk yang Anda buat. Tidak jarang banyak Chemical distributor di Indonesia yang ternyata tidak memiliki izin dari pemerintah dalam memasarkan produk yang dijualnya. Hal itu sangat miris mengingat bahan kimia merupakan produk yang cukup berbahaya apabila tidak tepat takaran dan penggunaannya. 

Sebelum memutuskan untuk memilih satu perusahaan chemical distributor sebaiknya Anda jangan terburu-buru. Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar dapat memilih distributor bahan kimia yang tepat, aman dan terpercaya. 

1. Pastikan Jenis Bahan Kimia Apa yang Dibutuhkan 

Umumnya bahan-bahan kimia yang tersedia di Industri kimia terbagi menjadi tiga kategori utama, yaitu kategori dasar, khusus, dan bahan kimia konsumen. Tiga kategori bahan kimia tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sehingga hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahan kimia yang Anda butuhkan itu masuk kedalam kategori apa. Hal itu tentu akan mempermudah pencarian distributor bahan kimia yang tepat. 

2. Mulai Mencari Referensi Chemical Distributor Indonesia

Setelah mengetahui kebutuhan bahan kimia yang Anda akan gunakan baik dari kategori bahannya maupun dari jenis-jenisnya. Selanjutnya Anda harus mencari referensi mengenai beberapa perusahaan distributor bahan kimia yang ada di Indonesia. Anda harus memperhatikan beberapa hal yang bisa menjadi menjadi indikator suatu perusahaan memiliki kredibilitas yang baik.

Pertama, cari tahu lama perusahaan beroperasi sejak tahun berapa didirikan dan legalitasnya. Kedua, kelengkapan bahan kimia yang ditawarkan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Ketiga, Bagaimana pemahaman perusahaan mengenai produk yang ditawarkan. Terakhir, tanyakan bagaimana cara pendistribusian bahan kimianya apakah sudah sesuai dengan standar atau belum. 

3. Buat List Perusahaan

Masuk ke tahap berikutnya, setelah Anda melakukan riset mengenai perusahaan chemical distributor Indonesia. Anda perlu membuat list atau daftar beberapa perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi hasil riset Anda. Buat minimal tiga daftar perusahaan yang akan Anda pertimbangkan untuk dipilih atau sebanyak yang Anda dapatkan. Nantinya list perusahaan tersebut harus Anda seleksi kembali untuk mendapatkan perusahaan terbaik.

4. Utamakan Lihat dari Kualitasnya 

Kualitas bahan kimia yang baik tentu akan menghasilkan produk yang baik pula. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengutamakan kualitas dari suatu bahan kimia. Minta sampel kepada perusahaan distributor tersebut untuk mengetahui bagaimana kualitas dari produk bahan kimia yang ditawarkan. 

Biasanya perusahaan distributor yang sudah berkecimpung lama di bidangnya selalu memberikan sampel kepada calon customernya. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga akhirnya yakin untuk memilih perusahaan tersebut untuk menjadi distributor bahan-bahan kimianya.  

5. Lihat Track Record dan Kapabilitasnya 

Track Record suatu perusahaan merupakan salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan orang untuk memilih perusahaan tersebut. Cari tahu informasi diberbagai media baik website, media sosial, serta marketplace yang mendistribusikan produk bahan kimia dari perusahaan distributor tersebut. 

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui kapabilitas dari chemical distributor tersebut. Apakah distributor tersebut dapat memenuhi pesanan Anda atau tidak? Apakah distributor tersebut konsisten untuk mensupply produknya ke perusahaan Anda atau tidak? Hal tersebut harus dipertimbangkan untuk memastikan bahan baku didapatkan dari perusahaan yang sama dengan kualitas yang sama. 

Rekomendasi Chemical Distributor Indonesia Terbaik 

Memilih distributor suatu bahan kimia yang akan mensuplai kebutuhan perusahaan memang perlu banyak pertimbangan. Pasalnya, bahan-bahan kimia yang Anda pilih akan menentukan kualitas dari produk yang Anda buat. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam memilih Chemical distributor di Indonesia. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti beberapa tips yang sudah dipaparkan di atas. 

Kemudian, sebagai referensi untuk Anda yang masih bingung dalam memilih perusahaan distributor bahan kimia. PT Indochemical Citra Kimia dapat menjadi salah satu perusahaan yang tepat untuk Anda pilih. Perusahaan ini sudah berdiri sejak Tahun 1972 sebagai pengimpor dan distributor beberapa jenis bahan kimia dengan kualitas terbaik.  

Track Recordnya sudah tidak diragukan lagi karena telah berdiri selama puluhan tahun lamanya. Macam-macam kebutuhan bahan kimia yang Anda perlukan tersedia di PT Indochemical. Layanan yang diberikan juga sangat cepat dan tentunya memiliki jaminan keamanan yang baik. Perusahaan ini menjadi distributor kimia cair dari sejumlah manufaktur global ternama di beberapa negara yaitu Jepang/Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Kemudian, PT Indochem juga menjadi perusahaan distributor kimia terafiliasi di Asia Tenggara seperti Transmare-Chemie dari Singapore dan PPCI atau Philippine Prosperity Chemicals Incorporated. 

Itulah beberapa Tips memilih chemical distributor Indonesia beserta rekomendasinya yang dapat menjadi referensi tambahan untuk Anda. Pilihlah perusahaan distributor bahan kimia yang aman dan terpercaya. ingat! selalu mengutamakan kualitas dan kredibilitas perusahaan.