Glycols Senyawa Organik

06 Mar 2020
Glycols Senyawa Organik

Glycols atau yang disebut Glikol adalah merupakan senyawa organik yang termasuk dalam golongan alkohol. Jika dilihat dari molekulnya, glikol 2 hydroxyl (―OH) menyatu dengan atom karbon yang berbeda. Jenis glycols yaitu Mono Ethylene Glycol (MEG) dan Diethylene Glycol (DEG).
Ethylene glycol merupakan cairan bahan kimia yang biasanya digunakan untuk 
berbagai fungsi pendingin seperti yang biasa diaplikasikan pada mobil mesin. Hal ini berfungsi agar etilen glikol menjadi mediator agar mengubah panas menjadi lebih dingin. Biasanya musim panas yang berlebihan akan lebih banyak membutuhkan Ethylene glycol agar dapat mengurangi panas mesin mobil dan juga pembekuan di musim dingin. Kegunaan penting lainnya dari etilen glikol termasuk cairan perpindahan panas yang digunakan sebagai pendingin industri untuk kompresor gas, pemanas, ventilasi, dan sistem AC, dan arena seluncur es.

Glycols memiliki rumus molekul HOCH2CH2OH atau yang dapat disebut 1,2-etanadiol yang berbentuk seperti cairan minyak tetapi tidak memiliki warna. Jika dicermati, Glycols memiliki aroma yang ringan dan memiliki rasa sehingga banyak diproduksi untuk komersil, selain itu banyak digunakan sebagai antibeku dalam sistem pendingin mobil dan dalam bahan peledak dengan titik beku yang rendah. Selain itu bisa digunakan sebagai minyak rem dan beberapa turunan Glikol ini cukup beracun.

Glikol penting lainnya termasuk 1,3-butanediol, digunakan sebagai bahan awal untuk pembuatan cairan remm 1,4-butanediol, digunakan dalam poliuretan dan resin poliester untuk pelapi. Pelarut yang berharga dan zat antara kimia; 2-ethyl-1,3-hexanediol, pengusir serangga yang efektif; dan 2-methyl-2-propyl-1,3-propanediol, dibuat menjadi meprobamate, obat penenang yang banyak digunakan.