Bahan Kimia Nitro Cellulose yang Mudah Terbakar

06 Mar 2020
Bahan Kimia Nitro Cellulose yang Mudah Terbakar

Jika pada beberapa waktu lalu, kita sudah membahas mengenai berbagai jenis bahan kimia yang kerap kali ditemukan pada barang atau produk sehari-hari, kali ini akan membahas bahan kimia yang sedikit berbeda. Nitro Cellulosa atau yang biasa dikenal dengan Nitroselulosa merupakan bahan kimia aktif yang mudah terbakar serta mempunyai kadar nitrogen yang bersifat sensitif bahkan bisa menjadi salah satu bahan peledak untuk digunakan pada bahan sejnata dalam tugas militer. Nitroselulosa terbuat dari polimersasi 100-35 serta memiliki sifat seperti mudah tebakar, berwarna putih kekuningan dan berat molekul sekitar 459,28-594,28 yang larut dalam keton, alkohol tapi tidak larut dalam air.

Selain menjadi bahan baku sebagai peledak karena mudah terbakar dalam dulu 170 ° C, bahan kimia ini dapat membantu proses industri. Penggunaan NC kerap kali disalahgunakan untuk keperluan lain yang dilarang untuk tujuan penghancuran molekul (desdruktif) serta dapat mengganggu keamaan lainnya.

Dalam proses pembuatan nitroselulosa, terdapat tahapan lauratan penitrasi dengan menggunakan beberapa bahan campuran larutan seperti asam sulfat hingga katalis asam nitra. Nitroselulosa merupakan produk yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki bentuk beragam dari bentuk seperti lembaran hingga cairan yang kental. Dilihat dari fungsinya, bahan kimia ini bisa digunakan sebagai bubuk mesiu, seperti kembang api, pernis pelapis hingga mikroskop. Bahan ini mempunyai sifat yang tahan dan kuat tetapi mudah terbakar terutama karena kandungan nitrogennya yang besar sehingga baik untuk memeriksa antibodi sebuah dalam penelitian.

Jika Anda mencari zat kimia atau bahkan pelarut kimia terpercaya seperti bahan kimia Nitro Cellulose seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda dapat menghubungi kami di  (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id untuk mengetahui lebih lanjut.