Apakah Kandungan Alkohol pada Disinfektan Efektif Membunuh Kuman?

06 Mar 2020
Apakah Kandungan Alkohol pada Disinfektan Efektif Membunuh Kuman?

Tingginya angka korban Covid-19 di Indonesia mewajibkan kita untuk mematuhi protokol kesehatan dengan ketat seperti mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, menggunakan masker, menjaga jarak hingga membersihkan barang dengan disinfektan.

Salah satu bahan kimia favorit yang kerap digunakan untuk membersihkan yaitu alkohol. Tapi pertanyaannya, apakah semua jenis alkohol pada disinfektan mampu membasmi kuman dengan efektif? Jenis alkohol seperti apa yang dinilai ampuh melindungi diri dari kuman? Banyak yang mengatakan bahwa produk disinfektan yang dijual mampu menghapus virus Covid 19. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut apakah penyebaran virus dapat ditanggulangi hanya dengan menggunakan disinfektan agar tidak memiliki pengertian yang salah, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Menurut US EPA ( United States Enviromental Protection Agency) menyatakan bahwa disinfektan dapat membantu menekan angka penyebaran virus tetapi walaupun demikian, virus yang berkembang memiliki varian yang berbeda sehingga saat ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Para ilmuwan menemukan hasil penelitian bahwa virus ini dapat menempel pada benda keras seperti kaca, logam, plastik hingga benda lainnya yang dapat dibersihkan dengan disinfektan.

Jenis alkohol seperti apa yang aman untuk kulit dan baik digunakan sebagai disinfektan? Nah Anda bisa melihat atau cek label pada disinfektan atau handsanitizer yang dibel apakah sudah mengandung 70 persen alkohol? Karena cairan kimia alkohol sebesar 70 persen efektif dana man digunakan untuk membersihkan meja, kursi, lantai bahkan peralatan yang kerap kali disentuh di ruang public.  Pada perlatan makanan dan bahan makanan, Anda bisa menggunakan disinfektan yang mengandung 5 persen potassium permanganate atau bisa dengan cara lain yang lebih mudah seperti memanaskan hingga suhu 100 derajat celcius dan menggunakan sinar UV agar lebih efektif.

Nah bagaimana, Anda sudah mulai memahami apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalkan penyebaran virus? Perlu diingat, cek label kandungan alkohol yang digunakan ya agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit atau benda secara permanen. Jika Anda membutuhkan distributor kimia terlengkap untuk industri seperti alkohol dan jenis kimia cair lainnya, Anda dapat menghubungi https://www.indochem.co.id/contact di (021) 5694 0000 atau email di info@indochem.co.id. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan ya!