Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Bahan Kimia dari Distributor

06 Mar 2020
Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Bahan Kimia dari Distributor

Pernahkah Anda mendengar tentang distributor bahan kimia? Para distributor tersebut memiliki peran penting dalam menyediakan bahan-bahan kimia yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan industri. Mereka menjadi jembatan antara produsen bahan kimia dan pembeli, memastikan bahwa bahan kimia yang diperlukan tersedia tepat waktu dan dengan harga yang kompetitif. Distributor bahan kimia juga mengambil tanggung jawab untuk membantu mengatur logistik dari suplai bahan kimia serta memastikan bahwa bahan tersebut berada di lokasi yang tepat pada saat yang tepat.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita tidak salah membeli bahan kimia pada suatu distributor? Alih-alih mendapatkan bahan kimia yang berkualitas, kalau salah memilih distributor bisa saja bahan tersebut dimanipulasi dan berbagai tindak kecurangan lainnya.

Sebelum ke situ, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu bahan kimia.

Apa itu Bahan Kimia?

Tanpa kita sadari, keseharian kita bersinggungan dengan bahan kimia. Saat mandi, makan, dan minum pun kita bisa bersinggungan dengan bahan kimia.

Bahan kimia adalah materi yang terdiri dari senyawa yang berasal dari unsur-unsur kimia. Ini dapat terdiri dari bahan alami atau bahan sintetis yang diproduksi secara kimiawi. Bahan kimia digunakan dalam berbagai macam produk dan proses dalam berbagai macam industri, termasuk farmasi, minyak dan gas, konstruksi, makanan, dan banyak lagi.

Contoh Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Lantas, apa saja bahan kimia yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari? Ini dia jawabannya.

1. Amonia

Amonia adalah bahan kimia yang biasa digunakan untuk menghilangkan noda dan menghilangkan bau pada sikat keramik, lantai, karpet, dan piring.

2. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan luka dan menghilangkan bakteri. Bahan kimia ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda dan membersihkan permukaan.

3. Asam Asetat

Asam asetat adalah bahan kimia yang umumnya digunakan untuk mencuci pakaian dan menghilangkan noda.

4. Natrium Hipoklorit

Natrium hipoklorit adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencuci dan desinfeksi. Selain itu, Natrium hipoklorit juga bisa digunakan sebagai pembasmi kuman dan bakteri.

Bagaimana, tentu kita pernah bersinggungan dengan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, bukan? Selanjutnya, mari kita cari tahu tentang pembelian bahan kimia kepada distributor.

Siapa itu Distributor Bahan Kimia?

Tidak menutup kemungkinan banyak di antara kita yang masih belum tahu siapa itu distributor bahan kimia. Supaya makin mudah dalam memahami tipsnya, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari distributor bahan kimia.

Distributor bahan kimia adalah perusahaan atau individu yang menjual bahan kimia kepada pedagang, produsen, industri, dan organisasi lainnya. Mereka dapat menjual bahan asli atau produk yang telah diproses.

Distributor bahan kimia memiliki akses yang luas ke berbagai jenis bahan kimia, termasuk bahan yang berasal dari berbagai sumber. Mereka juga memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk membantu pelanggan menemukan bahan yang tepat untuk kebutuhan mereka. Distributor bahan kimia juga dapat berpartisipasi dalam proses produksi dan pemasaran produk akhir. Mereka dapat membantu pelanggan dengan menyediakan layanan logistik, konsultasi teknis, dan lainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Bahan Kimia dari Distributor

Nah, ini dia yang akan menjadi bahasan utama kita kali ini. Bagaimana cara membeli bahan kimia kepada distributor supaya kita tidak mengalami kerugian? Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Bahan kimia yang akan dibeli telah memiliki sertifikat kualitas. Ini adalah bukti bahwa bahan kimia yang akan dibeli telah lolos pengujian kualitas yang ketat. Sertifikat harus diterbitkan oleh badan yang berwenang dan dapat dipertanggungjawabkan.

  2. Pastikan bahan kimia yang akan dibeli berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Distributor harus dapat memberikan rincian tentang sumber bahan kimia yang akan dibeli.

  3. Distributor telah mengikuti standar keamanan dan keselamatan kerja yang berlaku. Ini penting supaya tidak ada risiko keselamatan dan kesehatan yang terjadi.

  4. Selain itu, distributor juga telah menerima sertifikat bahan kimia dari pemerintah yang relevan. Sertifikat tersebut harus mencantumkan nama bahan kimia, jumlah, dan jenis. Ini mengindikasikan bahwa bahan kimia yang akan dibeli aman untuk digunakan.

  5. Pastikan bahwa bahan kimia yang akan dibeli memiliki tanggal kedaluwarsa yang masih dalam jangka waktu yang ditentukan. Bahan kimia yang sudah kadaluwarsa tidak akan memberikan hasil yang diharapkan. Bisa jadi malah berbahaya bagi Anda dan lingkungan nantinya.

  6. Periksa label pada bahan kimia yang akan dibeli untuk memastikan bahwa ia memiliki informasi yang dapat dipercaya.

Tips Memilih Distributor Bahan Kimia

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih distributor bahan kimia.

  1. Cari informasi tentang reputasi dan kualitas produk yang ditawarkan distributor. Pastikan bahwa produk yang mereka tawarkan sesuai dengan standar industri.

  2. Pastikan bahwa distributor memiliki lisensi dan izin yang diperlukan untuk menjual produk yang Anda cari.

  3. Bandingkan harga antar distributor. Pilih yang paling sesuai dengan anggaran Anda.

  4. Cari tahu apakah distributor tersebut memiliki layanan purna jual dan pelatihan teknis.

  5. Pastikan bahwa distributor dapat memberikan tingkat pelayanan yang tinggi dan memenuhi kebutuhan Anda.

  6. Pastikan bahwa distributor dapat memberikan informasi atau pembelajaran tentang produk dan penanganan bahan kimia.

  7. Pastikan bahwa distributor memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk menangani bahan kimia.

  8. Pastikan bahwa distributor memiliki kebijakan dan prosedur yang dapat memastikan bahwa semua bahan kimia yang disalurkan telah sesuai dengan standar keselamatan.

  9. Pastikan bahwa distributor dapat menyediakan layanan pengiriman yang tepat waktu dan aman.

Bagaimana, sampai sini sudah paham tentang distributor bahan kimia dan cara membeli bahan kimia dari para distributor, bukan? Kita rangkum kembali ya inti dari tulisan ini bahwa distributor bahan kimia menyediakan berbagai macam bahan kimia untuk berbagai keperluan industri. Mereka memastikan bahwa produk yang mereka sediakan memenuhi standar kualitas yang tinggi dan telah teruji secara ketat untuk memastikan keselamatan dan kualitas yang terbaik. Distributor bahan kimia menyediakan solusi yang aman, efisien, dan hemat biaya bagi para pelanggannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda mempercayakan pembelian bahan kimia pada kami di Indochem.