Apa itu Cairan Kimia Jenis Ketones?

06 Mar 2020
Apa itu Cairan Kimia Jenis Ketones?

Ketones atau Keton adalah senyawa organik yang mengandung gugus karbonil dengan senyawa atom karbon C=O dimana keduanya memiliki radikal hidrokarbon (mengandung karbon berbentuk substituent). Keton pada umumnya yang biasa dijumpai seperti aseton. Apakah Anda pernah mendengar kata aseton? Untuk Anda yang gemar menghias kuku, biasanya Anda tidak hanya terbiasa membeli cat kuku, tapi juga pembersih atau penghilang cat kuku. 
Kandungan dalam cat kuku atau penghilang cat kuku mengandung aseton yang bisa membuat warna yang menempel pada kuku seakan melumer dan hilang. Selain aseton yang dikenal untuk membersihkan cat kuku, aseton ini juga bisa digunakan sebagai pelarut seperti pernis.
Sedangkan bentuk keton lain seperti Methyl Ethyl Ketone biasanya digunakan dalam membuat plastik, tekstil dan lem serta bahan pembersih.

Kita bahas lebih dalam lagi. Ini dia beberapa jenis Ketones yang bisa Anda temukan seperti :

  • Acetones
  • Cyclohexanone (CYC)
  • Diacetone Alcohol (DAA)
  • Isophorone
  • Methyl Ethyl Ketone (MEK)
  • Methyl Isobutyl Ketone (MIBK)

Karbonil yang terdapat pada Keton memiliki kegunaan yang berbeda. Contohnya seperti Metil Etil Keton yang juga dikenal sebagai MEK dan Butanone merupakan suatu cairan volatile yang tidak memiliki warna (bening). Senyawa organik ini memiliki aroma yang khas seperti aseton riangan dan memiliki sifat yang larut dalam air. Methyl Ethyl Ketone (MEK) pada umumnya digunakan sebagai pelarut industri untuk industri cat dan juga coating.
 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Cairan Kimia Jenis Ketones, Solvent Chemical, Anda dapat menghubungi distributor  bahan kimia terpercaya yang menyediakan dengan lengkap bahan pelarut kimia lainnya. Anda dapat hubungi Kantor Pusat kami di  (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id