Apa Itu Aseton? Berikut Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

06 Mar 2020
Apa Itu Aseton? Berikut Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa itu aseton dan bagaimana kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari? Baca artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut. 

Aseton adalah cairan tidak berwarna yang juga dikenal sebagai propanon yang biasanya digunakan sebagai pelarut dalam pembuatan plastik dan produk industri lainnya.

Aseton juga dapat digunakan dalam produk rumah tangga, termasuk kosmetik dan produk perawatan pribadi, di mana penggunaaan yang paling sering ditemukan adalah dalam formulasi penghapus cat kuku.

Karakteristik lain dari aseton selain berwarna bening adalah memiliki aroma yang tajam dan mudah terbakar. 

Di dalam zat kimia ini juga mengandung beberapa komponen seperti isopropyl alkohol, propilena karbonat, etil asetat.

Selain dibuat secara sintetis, aseton juga dapat terbentuk secara alami salah satunya adalah hasil dari metabolisme tubuh manusia. 

Contoh Penggunaan Aseton dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan aseton dalam kehidupan sehari-hari:

1. Membasmi Noda pada Porselen

Aseton dapat digunakan sebagai pembasmi noda pada porselen dengan cara menuangkan cairan ini pada kain dan mengoleskannya di bagian cangkir porselen yang ada nodanya. 

Setelah itu, bisa dengan menggunakan sabun serta air. Sebaiknya Anda tidak mengaplikasikan aseton tepat pada porselen yang ada pola dekoratif karena hal ini bisa merusak bagian dekoratif tersebut. 

2. Membuat Sepatu Terlihat Mengkilap

Pemilik sepatu yang terlihat kusam tidak perlu bingung lagi, karena aseton bisa membuat sepatu yang kusam terlihat baru kembali. Caranya, cukup tuangkan aseton pada paper towel, lalu gunakan untuk membersihkan sepatu sampai mengkilap dan noda menghilang. 

3. Menghilangkan Noda Akibat Lem

Selain digunakan untuk menghapus noda teh, kopi, atau makanan, aseton juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda lem. Zat ini dapat menghilangkan noda pada perabotan rumah yang berasal dari kulit dengan cara menuangkannya pada kapas.Kemudian, gosok pada area yang lengket yang dikarenakan terkena lem tersebut.

4. Membersihkan Permukaan Besi

Dalam skala industri yang lebih besar seperti proses pengecatan dan pengelasan, aseton juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan besi.

Proses operasional jadi lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan cara lama yang masih memakai amplas pada bidang struktur seperti transportasi dan bangunan raksasa.

Dengan begitu, lapisan cat lebih terlindung dalam waktu lama saat menggunakan aseton.

5. Sebagai Bahan untuk Mengencerkan Cat

Banyakpabrik besar tidak memakai thinner untuk mengecat barang produksinya, namun mereka memilih aseton. Meski kegunaannya sama, namun aseton lebih baik daripada thinner biasa. Selain itu, aseton tidak akan mempengaruhi kualtias cat pelapisnya sehingga lebih berguna.

6. Menghilangkan Karat

Di bidang perbaikan mobil serta bengkel juga sering memanfaatkan aseton untuk menghilangkan karat pada besi kerangkanya. Baut yang lepas karena karat bisa diatasi menggunakan aseton tanpa merusak komponen utamanya sehingga proses perbaikan semakin cepat dan efektif dilakukan.

7. Digunakan dalam Bidang Kecantikan

Di bidang kecantikan, aseton memiliki peran yaitu sebagai pengencer sekaligus penghapus cat kuku. Selain itu, aseton juga digunakan sebagai pendukung kosmetik sekaligus menghilangkan selaput kering pada penderita penyakit kulit.

8. Sebagai Campuran Bahan Bakar

Aseton sering dimanfaatkan untuk campuran bahan bakar agar proses pembakaran semakin sempurna tanpa meninggalkan timbal pada tangki mesin. Hal ini dikarenakan zat ini dapat meningkatkan nilai oktan bahan bakar dengan baik. Itulah kenapa banyak orang menggunakan aseton 10% pada kendaraan. 

Sekilas penjelasan tentang aseton dan kegunaannya dalam sehari-hari. Dengan memahaminya, maka sekarang kamu tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan baik sesuai kebutuhan.

PT. Indochemical Citra Kimia adalah perusahaan distributor solvent chemical Indonesia yang menawarkan berbagai jenis bahan kimia termasuk aseton. 

Kami telah melayani berbagai industri sebut saja industri yang melakukan produksi cat dan pelapis, resin dan emulsi, perekat, tinta cetak dan kemasan, formulasi agrokimia dan elektronik. 

Selama puluhan tahun kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada klien kami dengan menjamin jaringan distribusi yang cepat dan aman. 

Jika Anda membutuhkan produk solvent, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran.