7 Simbol Sifat Bahan Kimia Yang Umum Ditemukan di Lab

7 Simbol Sifat Bahan Kimia Yang Umum Ditemukan di Lab

Jika Anda bekerja di lab, Anda harus pastikan kenal berbagai sifat bahan kimia dan rambu – rambu seputarnya. Untuk memudahkan Anda belajar mengenai simbol penting ini, mari bahas bersama mengenai simbol bahan kimia pada artikel berikut ini!

Mudah Meledak

Tanda bahan ini menunjukan gambar benda yang menjadi kepingan dengan efek garis – garis keluar dari benda tersebut. Umumnya, symbol ini ditempelkan pada bahan yang mudah meletup, menyembur dan menghasilkan tekanan keras setelah bereaksi dengan bahan lain. Penyebab reaksi bisa berupa gesekan, terkena percikan api, terkena suhu tinggi ataupun karena benturan keras.

Mudah Terbakar

Simbol kimia ini bergambar api. Umumnya tanda ini ditempelkan pada bahan – bahan yang dengan mudah dapat terbakar. Mulai dari karena terkena air, terkena element udara ataupun sekedar bergesekan dengan material lain, dapat menjadi penyebab bahan kimia tersebut membara.
Perlu diperhatikan bahwa tanda terbakar ini berbeda dengan simbol oksidasi yang juga dapat menyebabkan beberapa bahan kimia menjadi terbakar juga.

Mudah Teroksidasi

Pada simbol ini terlihat gambar bulat yang membara seperti terkena api. Ukuran gambar apinya tentu lebih kecil dibandingkan tanda kimia bahan mudah terbakar. Tanda ini menunjukan bahan yang mudah bereaksi dengan oksigen di udara. Umumnya bentuk reaksi oksidasi pada bahan tertanda ini dapat berupa menjadi panas, terbakar, larut, meleleh ataupun melapuk.

Beracun

Sifat bahan kimia beracun akan ditandai dengan simbol tengkorak dan tulang menyilang. Tanda ini menunjukan bahan berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan kronis. Simbol ini menandakan racun yang berbahaya dan dapat masuk melalui mulut, saluran pernapasan dan bahkan sentuhan kulit.

Bahaya Iritasi

Tanda ini menunjukan X besar. Bahan bertanda ini berbahaya saat kontak dengan tubuh manusia. Bisa melalui hidung, mata, mulut dan kulit, kontak dengan bahan kimia tersebut menyebabkan efek peradangan pada tubuh.

Bahan Korosif

Lambang bahan kimia ini menunjukan dua tabung reaksi yang menetes ke benda dan tangan. Pada gambar terlihat tangan dan benda tersebut tergerus dan menjadi tidak utuh. Tanda ini selalu diberikan pada bahan kimia yang dapat menggerus berbagai bahan lain. Menggerus ini bisa berarti mengurai, melelehkan dan menghancurkan bahan lain tersebut.

Berbahaya Bagi Lingkungan Hidup

Simbol ini menunjukan pohon mati, ikan mati dan juga tanak yang diberi warna hitam. Lambang ini menandakan bahan kimia tersebut dapat menjadi sumber polusi berat di lingkungan hidup. Simbol ini menandakan bahan tersebut tidak boleh dibuang sembarangan dan harus terhindar pada elemen lingkungan hidup.

Sekian penjelasan tentang 7 simbol sifat bahan kimia yang sering ditemukan pada lab. Mudah – mudahan penjelasan ini dapat membantu Anda mengenali berbagai rambu di lab bahan kimia. Terima kasih sudah baca artikelnya dan pastikan untuk hati – hati menangani bahan kimia di lab.