5 Jenis Alkohol yang Wajib Diketahui Sebelum Memilih Alkohol

06 Mar 2020
5 Jenis Alkohol yang Wajib Diketahui Sebelum Memilih Alkohol

Sebelum memilih alkohol untuk kebutuhan industri hingga menjadi bahan umum kebutuhan sehari- hari dalam rumah tangga, sebaiknya Anda memperhatikan 5 jenis alkohol kimia cair ini agar lebih tidak salah pilih. Alkohol yang digunakan sebagai bahan kimia cari terbagi menjadi 5 jenis, yaitu Isopropyl Alcohol (IPA), Isobuttyl Alcohol (IBA), Normal Butyl Alcohol (NBAL), Normal Propyl Alcohol, Methanol. Kita simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.


Isopropyl Alcohol (IPA)

Senyawa kimia ini memiliki karakter yang mudah terbakar dan aroma yang khas yang digunakan dalam pembuatan berbagai macam bahan dasar antiseptik, disinfektan hingga deterjen yang larut dalam air dan dapat melarutkan resin alami. Berbeda dengan etanol atau methanol, isopropil alkohol memiliki reasksi yang dapat dioksidasi untuk menjadi  cairan industri aseton. Penggunaan  hibrida dalam reduksi biasanya juga menggunakan alkohol isopropyl.

Isobuttyl Alcohol (IBA)

Memiliki peran penting dalam industri, senyawa organik ini memiliki karakter senyawa organic yang tidak memiliki warna serta mudah terbakar. Pengalikasian alkohol ini pada umumnya digunakan sebagai pernis dan menjadi bagian dari bahan bakar energi yang berasal dari tanaman.

Normal Butyl Alcohol (NBAL)

Kelebihan yang dimiliki yaitu sebagai bahan baku kimia untuk resin pelapis yang tidak larut dalam air dengan konsntrasi 10% yang dinilai cukup tinggi dan dapat berakibat fatal seperti iritasi pada panca indra seperti mata, tenggorokan hingga hidung sehingga perlu dieprhatikan dalam pengaplikasiannya. Tetapi dengan nilai kosentrasi tersebut, NBAL masih dinilai aman dalam praktik penggunaan dan konsentrasinya saat ini.

Normal Propyl Alcohol

Jika Anda mengenal metal alkohol, NPA menjadi salah satu alternatif yang mirip dengan sintesis metanol sebagai pelarut kimia kosmetik dan farmasi. Nah berbeda dengan alkohol lainnya, propil alkohol cukup beracun.

Methanol

Pasti Anda sudah tidak asing dengan alholol jenis ini yang memiliki rumus CH3OH sebagai bahan bakar nabati paling sederhana yang baik dokombinasikan sebagai pelarut dan memiliki aroma yang mirip dengan etanol.

Jika Anda mencari zat kimia atau bahkan pelarut kimia terpercaya seperti 5 jenis alkohol yang telah disebutkan diatas, Anda dapat menghubungi kami di  (62-21) 5694 0000 atau melalui email info@indochem.co.id untuk detail lebih lanjut mengenenai larutan kimia dan bagaimana pengaplikasiannya dalam industri Anda.