IBC Tank Container, Cara Penggunaan dan Kelebihannya

IBC Tank Container, Cara Penggunaan dan Kelebihannya

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada pengiriman atau penyimpanan bahan kimia, pemilihan IBC tank container lebih menjadi prioritas utama.

Pasalnya wadah ini memiliki banyak kelebihan dan kecocokan dalam dunia industri kimia. Namun penggunaan sebenarnya dari container ini, tidak hanya sampai disitu.

Ada banyak kegunaan dan kelebihan yang dimiliki jenis liquid container ini. 

Untuk menambah wawasan anda, artikel ini akan membahas pengertian, cara penggunaan dan kelebihan yang dimiliki IBC tank container

Apa itu IBC Tank Container?

Jika anda pernah melihat sebuah kontainer yang dilapisi dengan teralis besi di sekelilingnya, dengan muatan bahan liquid, kemungkinan besar itu adalah IBC tank container.

Tangki atau wadah satu ini, memang didesain khusus untuk memuat dan mengirim barang dalam bentuk cair.  

Pada umumnya, tangki ini dibuat dengan bahan dasar HDPE ataupun LLDPE dengan teralis atau rangka dari galvanis.

Beragam produk cair seperti bahan kimia, minyak, essensial dan beberapa produk liquid lainnya bisa dikirim dengan aman dengan menggunakan liquid container satu ini.

Bentuk dan ukuran dari tangki pengiriman ini cukup beragam, namun kebanyakan dibuat dengan ukuran besar yang bisa menampung hingga 1000 hingga 1200 liter muatan.

Bentuknya juga dibuat serupa, kebanyakan bentuknya adalah kotak dan ciri utamanya adalah pelapisan teralis atau bingkai pada body luarnya.

Teralis besi tersebut digunakan untuk menjaga keamanan tangki selama perjalanan. Terutama untuk tangki dengan muatan penuh.

Manfaat IBC Tank

Fungsi utama dari jenis tangki ini, adalah untuk menyimpan maupun mengirim barang dalam bentuk cairan.

IBC tank sangat jarang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, karena pengiriman dengan tangki ini diperuntukkan untuk pengiriman dalam jumlah yang cukup besar.

Kebanyakan penggunaan dari tangki ini adalah pada sebuah industri bahan pangan, industri kimIa, industri cat dan beberapa bidang bisnis lainnya.

Liquid container ini dipilih, karena memiliki bahan yang cukup kuat, serta tambahan teralis atau bingkai besi pada tangki kini membuat nya semakin kokoh.

Selain itu, bahan yang digunakan cukup tolerir untuk beberapa bahan kimia, sehingga mungkin anda akan sering menjumpai kotak ini pada pabrik kimia maupun obat-obatan.

Cara Penggunaan Tangki IBC

Walaupun Bahan yang digunakan adalah bahan premium, yang bisa menghilangkan bau, tidak beracun dan memiliki ketahanan panas atau dingin yang lebih tinggi.

Namun tangki ini tidak bisa asal digunakan, untuk penggunaan optimal ada baiknya anda menggunakan ukuran tangki yang sesuai.

Untuk penyimpanan bahan kimia, anda bisa menggunakan corong untuk alat bantu memasukkan cairan pada mulut tangki yang terbilang cukup kecil.

Bila muatan adalah bahan yang mudah terbakar dan tidak tahan panas, ada baiknya meletakkan IBC tank pada tempat yang teduh sesuai prosedur penyimpanan.

Pastikan anda menutup rapat mulut tangki, dan jangan biarkan ada rongga terbuka. Penggunaan penutup rangkap sangat direkomendasikan

Karena sedikit saja rongga, dapat mengakibatkan isi dari tangki tersebut mengalami penguapan maupun terkontaminasi barang asing.

Jika anda menggunakan tangki bekas, lakukan prosedur pembersihan dengan benar dan pastikan anda mengisi tangki dalam keadaan benar-benar kering.

Kelebihan Menggunakan IBC Tank Container

Bagi sebuah perusahaan, melakukan pengamanan optimal pada produk maupun bahan baku maupun bahan pendukung dengan bentuk liquid.

Penggunaan IBC tank container, dinilai mampu memberikan perlindungan lebih optimal dari tangki lainnya.

Terutama pada industri bahan kimia yang harus menjaga bahan dan produknya dengan maksimal. Berikut beberapa kelebihan yang membuat banyak industri terpikat:

1. Material Tingkat Premium

Kelebihan pertama ada pada material atau bahan pembuatannya, tangki ini memilih material premium atau terbaik dikelasnya.

Ada dua bahan yang sering digunakan, diantaranya adalah plastik jenis polietilena HDPE yang dinilai memiliki densitas tinggi pada banyak bahan kimia.

Dan ada bahan plastik LDPP, walaupun memiliki densitas bahan kimia yang rendah namun kepadatan dan kerapatan dari bahan ini sama unggulnya dengan bahan HDPE.

Dua bahan ini, merupakan bahan premium dan unggulan jika dibandingkan dengan bahan plastik lainnya.

2. Teralis atau Bingkai Penguat

Selain bahan yang kuat, IBC tank container juga dilengkapi dengan teralis atau bingkai logam yang akan memperkuat kemampuan penopangan dan kekuatan tangki.

Logam yang banyak dipilih adalah galvanis, bahan tersebut dipilih karena lebih tahan terhadap bahaya korosi.

Selain memperkuat daya topang, teralis ini juga digunakan untuk menjaga isi atau muatan yang ingin disimpan atau dikirim.

3. Cocok Untuk Segala Jenis Penyimpanan

Kelebihan selanjutnya, adalah kecocokan tangki pada berbagai bidang industri dan beragam jenis muatan.

Liquid container ini memiliki tingkat kecocokan tinggi pada segala industri, mulai dari industri makanan dan minuman, kimia, farmasi, cat serta berbagai industri lainnya.

Tangki ini juga memiliki cakupan muatan yang luas, mulai dari bahan baku, cat, minyak, bahan kimia, hingga bahan-bahan berbahaya.

Apalagi bahan yang digunakan maupun teralis yang melindunginya, tahan terhadap banyak jenis bahan kimia.

4. Beragam Bentuk dan Ukuran

Keunggulan lainnya ada di dalam ragam bentuk dan ukuran, yang membuat IBC tank container bisa dipilih sesuai lokasi penyimpanannya.

Bentuk yang sering dijumpai adalah bulat dan persegi, namun bentuk persegi yang paling banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan, bentuk persegi lebih mudah ditata.

Selain bentuk, tangki ini juga memiliki berbagai ukuran, dengan begitu perusahaan atau industri bisa menggunakan ukuran yang sesuai dengan bahan atau produk yang akan disimpan.

Volume rata-rata dari tangki ini adalah 500 liter, 1000 liter, 1200 liter, maupun ukuran custom sesuai pesanan.

5. Menjaga Lebih Optimal

Tangki ini memiliki tingkat keamanan yang lebih aman dari berbagai jenis liquid container dikelasnya.

Mulai dari desain, bahan dan teralis tambahannya, memang dibuat khusus untuk mengoptimalkan fungsi dari penyimpanan maupun pengiriman.

Tak heran jika Anda berkunjung ke berbagai industri dengan bahan dasar atau produk berbentuk cairan, pasti Anda akan menemukan minimal 1 atau 2 jenis container ini.

6. Lebih Awet

Karena memiliki kekuatan yang memadai, serta keamanan berlapis dari teralis besinya, tangki ini memiliki umur yang jauh lebih awet dari berbagai jenis tangki penyimpanan dan pengiriman.

Apalagi untuk berbagai jenis bahan kimia maupun bahan berbahaya. Hal tersebut disebabkan karena pemilihan materialnya.

Bahan yang dipilih, merupakan bahan plastik yang aman untuk berbagai jenis kimia. Sedangkan teralisnya kebanyakan menggunakan bahan yang tidak mengalami korosi.

7. Bisa Digunakan Berulang Kali

Kelebihan IBC tank container yang terakhir, adalah tangki yang bisa digunakan berkali-kali dengan bahan atau muatan yang berbeda.

Namun dalam pengaplikasian container bekas, Anda harus benar-benar memastikan tangki sudah dalam keadaan steril.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kondisi tangki sudah benar-benar kering, sebelum nantinya akan Anda gunakan untuk menyimpan bahan atau muatan yang baru!

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu IBC tank container, kegunaan, dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat!

PT. Indo Chemical Citra Kimia adalah salah satu distributor solvent yang sudah berpengalaman dalam menangani bahan-bahan kimia. Kami telah beroperasi selama puluhan tahun dan melayani berbagai jenis industri. 

Mulai dari distribusi solvent yang aman, proses produksi dengan teknologi canggih serta standar operasional yang ketat, kami siap melayani Anda sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.